Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Capetown Demokrat Juga Menang

Kompas.com - 10/04/2009, 06:30 WIB

CAPETOWN, KOMPAS.com- Tepat pukul 17.00 waktu setempat, TPS Capetown melakukan perhitungan suara hasil pemungutan suara dalam Pemilu Legislatif Indonesia 2009.
Dari 51 orang yang terdaftar plus satu orang dari Indonesia yang keteulan berada di sana, ternyata hanya 47 yang benar-benar datang ke TPS Konjen RI di Capetown.

Dari 47 pemilih itu, hanya 44 yang dinyatakan sah, karena tiga surat suara dinyatakan tidak sah. Hasil penghitungan suara yang disaksikan oleh para saksi, Ketua KPPSLN Erry Kananga mengumumkan hasil akhir.

"Partai Demokrat ternyata unggul mutlak dengan mendapatkan 16 suara," kata konsultan marketing ternama Indonesia, Hermawan Kartajaya yang sedang berada di Capetown, lewat surat elektroniknya yang dikirim ke Kompas.com, Jumat (10/4) pagi ini.

Menurut Hermawan, PKS menempati urutan kedua dengan 8 suara dan Partai Golkar di tempat ketiga dengan 5 suara. Selanjutnya PDS 4 suara, PDI Perjuangan dan Gerinda masing masing 3 suara, dan PAN 2 suara. Sisanya, dibagi rata masing-masing satu suara untuk PDP, PPP, dan PKNU.

Konsul Jenderal RI di Capetown Andradjati juga telah mengirimkan laporan awal tentang hasil Real Count dari Capetown itu langsung ke KPU Pusat dan Pokja Pemilu Deplu di Jakarta.

"Hasil Pemilu di Capetown ini mencerminkan kepercayaan pemilih pada partai pemenang" ujar Andradjati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com