Bumbu Gado-gado Paling Tinggi Kalorinya

Kompas.com - 21/07/2010, 10:24 WIB
Editordin

KOMPAS.com - Saus salad, atau salad dressing, sebenarnya ada berbagai macam. Namun, bila Anda hanya mengenal Thousand Island atau Blue Cheese, wajar saja. Jenis dressing ini selalu dijadikan pilihan pertama bumbu salad dalam menu restoran. Tak heran, Thousand Island paling populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Bila Anda belum banyak mengenal jenis-jenis salad dressing, coba kenali beberapa pilihan lainnya. Kenali juga bahan dasarnya, agar Anda semakin paham kandungan nutrisinya. Apalagi, satu sendok makan dressing saja sudah mengandung cukup banyak kalori.

Vinaigrette. Dibuat dari minyak, cuka, dan bumbu lainnya. Bahan dasar cuka vinaigrette bermacam-macam. Ada yang terbuat dari anggur merah, rempah-rempah, balsamic vinegar, atau apple cider.

Semua jenis cuka bebas lemak. Sehingga, yang menentukan jumlah lemak di dalam vinaigrette adalah campuran minyaknya. Karena kadar minyak di dalam vinaigrette berbeda-beda, kalori yang terkandung di dalam produk ini juga bervariasi. Kita bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Vinaigrette cocok dijadikan campuran selada, wortel, kecambah, mentimun, kacang chestnut, pasta, dan makaroni.

Thousand Island. Merupakan dressing favorit banyak orang, dan konon berasal dari wilayah kepulauan di dekat New York. Tersedia dalam bermacam jenis, mulai dari yang biasa sampai yang bebas lemak. Terbuat dari campuran telur, gula, cuka, mayonnaise, acar timun manis, buah zaitun hitam, dan paprika merah. Salad sayur atau salad buah cocok menggunakan dressing ini. Satu sendok makan (20 gr) mengandung 80 kalori.

Mayonnaise. Bahan dasar utamanya adalah olive oil (atau bisa juga minyak jenis lain) dicampur dengan telur, jeruk lemon, cuka. Mayonnaise sebagai cocolan (dipping sauce) akan membuat rasa batang seledri  menjadi lebih gurih. Satu sendok makan mayonnaise mengandung 75 kalori.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Blue Cheese. Bahan dasar utamanya adalah blue cheese, susu, mayonnaise, cuka, gula, serta sedikit bumbu lain. Dressing ini cukup tinggi kandungan kalorinya, yaitu 94 kalori untuk satu takar saji (2 sendok makan).

Bumbu kacang. Bumbu kacang dibuat dari kacang tanah yang digoreng terlebih dahulu sebelum ditumbuk dan dicampur garam dan gula. Satu sendok makan bumbu kacang mengandung sekitar 130 kalori. Ini artinya, saus gado-gado lebih tinggi kalorinya daripada Thousand Island!

Kecap manis. Di beberapa daerah, kecap manis sering digunakan sebagai dressing sayuran. Kandungan lemaknya sedikit sekali, namun mengandung gula dan garam yang cukup banyak. Satu sendok makan kecap manis mengandung sekitar 35 kalori.

(Dr Johanes C. Chandrawinata, MND, SpGK, dokter spesialis gizi klinis dari Rumah Sakit Melinda, Bandung)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X