Kompas.com - 19/11/2013, 09:41 WIB
Karies botol pada anak yang rata gusi pada gigi depan atas Colgate ProfesionalKaries botol pada anak yang rata gusi pada gigi depan atas
EditorAsep Candra


TANYA :

Dok, saya mempunyai anak berusia 3 tahun. Gigi bagian depan atasnya habis sampai rata dengan gusi. Yang ingin saya tanyakan, apakah sisa gigi  di bagian atas yang masih menempel pada gusi itu dapat dicabut atau bisa lepas dengan sendirinya. Jika harus dicabut, apakah ada cara yang aman agar anak saya tidak mengalami trauma? Terima kasih

(Nina, 27, Sidoarjo)


JAWAB :

Ibu Nina yang baik,

Sebelum membahas perawatan apa yang diperlukan pada kasus anak anda, saya akan bahas dulu apa yang sedang dialami anak anda dan apa penyebabnya.

Gigi bagian depan atas yang rata gusi, yang sedang terjadi pada anak anda yang berusia 3 tahun, biasa disebut "karies botol" atau nursing bottle caries (Gambar 1). Biasanya terjadi pada gigi bagian depan atas, namun dapat juga terjadi pada gigi lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses terjadinya "karies botol" berlangsung dalam waktu yang lama, yaitu dimulai ketika gigi pertamanya muncul dan kebiasaan membersihkan gigi pada anak diabaikan, tanda-tanda awal karies botol biasanya muncul pada usia 20 bulan. Pola karies botol diawali dengan kerusakan melingkar di leher gigi depan atas berwarna putih atau coklat gelap (Gambar 2).

Colgate Profesional Pola awal karies botol pada usia 20 bulan diawali dengan kerusakan melingkar di leher gigi depan atas berwarna putih atau coklat gelap.


Penyebab utamanya adalah paparan minuman yang mengandung banyak gula dalam waktu lama, misalnya kebiasaan minum susu dengan botol sampai anak tertidur.

Oleh karena itu, pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya "karies botol", antara lain:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.