Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aturan Penting Berbusana dengan Motif "Animal Print"

Kompas.com - 06/04/2015, 17:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Urbanette

KOMPAS.com - Animal print atau motif binatang dalam berbusana adalah motif yang belakangan marak bermunculan. Motif ini kerap digunakan dalam berbagai model pakaian dan ragam aksesori. Namun sadarkah Anda, menggunakan motif binatang bukanlah perihal mudah dan cukup memiliki risiko. Jika Anda tak pandai memadupadankannya, resiko terbesar adalah dapat terkesan norak bahkan murahan. Sebaliknya, jika berhasil memadupadankan motif binatang, Anda akan terlihat fierce dan stylish . Berikut adalah lima aturan penting dalam berbusana menggunakan motif binatang yang bisa Anda coba.

1. Tonjolkan pada satu busana

Fokuskan pada satu busana atau aksesori saja. Sisanya, Anda harus bermain aman dengan items lainnya. Lebih banyak nuansa netral seperti hitam, cokelat, atau putih sangat disarankan. Contohnya, kenakan atasan dengan motif leopard, kemudian padankan dengan blazer dan celana berwarna putih.


2. Jangan bereksperimen mencampur motif binatang
Aturan paling penting adalah jangan pernah saling mencampur sesama motif binatang ini, seperti print leopard, zebra, jerapah, dan lainnya . Hal tersebut justru akan membuat apa yang Anda kenakan saling "berteriak" dan tidak match satu sama lain. Anda tak ingin disebut sebagai wanita pemburu binatang bukan?

3. Pilih aksesori dengan bijak
Motif binatang memang diperuntukan bagi orang yang memiliki kepercayaan tinggi. Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan adalah dengan bijak dalam memilih aksesori. Sama seperti aturan sebelumnya, jangan memadukan aksesori motif binatang, pada busana motif binatang lainnya. Tampilah elegan, dengan pilihan aksesori yang bijak. Seperti gelang atau kalung bernuansa keemasan atau perak.

4. Pilih warna dan pola tertentu
Motif binatang memang mudah ditemukan dalam berbagai busana. Tetapi jika Anda menemukan motif binatang yang berpola kurang jelas, bewarna abu-abu dan keunguan, jangan ragu untuk membelinya. Tampilan motif binatang tersebut yang justru paling memberikan tampilan stylish dan sophisticated, namun paling sulit untuk ditemukan. "Temukan one-of-a-kind piece untuk membuat penampilan tidak pasaran. Jika menemukan motif binatang dalam nuansa kuning mustard, hati-hati, karena hanya warna kulit yang sesuai saja yang cocok mengenakannya, " saran desainer Christian Siriano dalam buku The Style Strategy karya Nina Garcia.

5. Less is more
Terakhir, semakin simpel padu padan, semakin baik pula busana motif binatang Anda. Karena selain menonjolkan motif binatang dari satu busana, warna cerah sebenarnya akan mendistraksi perhatian dari motif binatang yang menyita perhatian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Urbanette
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com