Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 21 Tahun Berjuang, Wanita Ini Berhasil Lawan Kanker

Kompas.com - 21/10/2016, 16:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Tidak sedikit wanita Indonesia yang terkena kanker payudara. Salah satunya adalah Susan Jeni yang telah melawan kanker selama 21 tahun.

Wanita yang kini genap berusia 60 tahun telah didiagnosa kanker payudara pada usia 39 tahun.

Akan tetapi, hal ini tidak membuat Susan patah semangat. Dia tetap menjalani pengobatan untuk kanker payudara.

Sampai pada akhirnya, enam bulan setelah diagnosa pertama, payudara kirinya pun ikut terkena kanker sehingga keduanya harus diangkat.

“Payudara, untuk saya, (adalah) organ terpenting yang ada di hidup wanita. (Sebab) payudara dapat menghidupkan generasi selanjutnya,” ujarnya dalam acara Bravo Madame di Galeries Lafayette Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Susan melanjutkan, dia tidak mengetahui penyebab dari kanker payudara ini apa karena sebelumnya sudah menjalani hidup yang sehat.

“Saya pun enggak tahu kenapa terjadi, karena saya juga hidup sehat, tetapi saya seringkali emosi, mungkin karena gagal pacaran jadi sakit hati,” ucapnya.

Untuk itu, dia juga menyarankan, semua wanita yang mengalami depresi atau masalah pada hubungan sebaiknya diutarakan. Jangan disimpan sendiri, sehingga tidak membuat masalah pada kesehatan Anda.

Lebih baik Anda selalu bahagia dan selalu berpikir positf mengenai kehidupan ini, jangan dipendam dan menjadi masalah batin.

Sebab, menurut Susan, memiliki keuangan yang cukup dan kedudukan tinggi tidak ada artinya bila tubuh Anda sakit.

Tidak sampai di situ, kini Susan seringkali berbagi pengalamannya melawan kanker kepada wanita-wanita lainnya di Indonesia.

Terahir, dia juga menekankan kepada para remaja perempuan dan wanita Indonesia untuk melakukan gaya hidup sehat dan menjaga hati.

Tidak lupa juga untuk memperhatikan pakaian dalam yang sehat seperti tidak menggunakan bra yang berkawat dan menggunakan busa. Sebab, menurut Susan, hal ini kurang baik untuk kesehatan payudara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com