Kompas.com - 10/04/2017, 07:35 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kita semua pergi bekerja setiap hari. Dari sekian juta orang yang bekerja setiap hari itu, tidak semuanya produktif.

Dalam waktu enam, delapan, sepuluh jam waktu bekerja, berapa projek atau tugas yang bisa kita selesaikan? Bagaimana dengan bobot dan kualitasnya?

Di masa yang sangat kompetitif ini, menjadi produktif adalah keharusan. Tingkatkan produktivitas Anda dengan langkah sederhana dari Joel Minden, Ph.D., berikut ini.

Minden adalah psikolog klinis, direktur Chico Center for Cognitive Behavior Therapy dan dosen psikologi di California State University, di Chico.

1. Pakai jam tangan
Jika Anda ingin membuat pembagian waktu kerja yang baik, pakailah arloji atau jam tangan. Arloji lebih baik dari ponsel karena mereka eye-catchy, sehingga Anda lebih tertarik untuk lebih sering menengoknya (sebagai pengingat waktu).

Selain itu jam tangan tidak mudah terlupa di mana menaruhnya karena selalu ada di pergelangan tangan Anda.

2. Tetapkan tujuan sebelum Anda mulai bekerja
Apa tujuan pekerjaan ini? Apa yang ingin Anda capai? Jika Anda terpaksa mengerjakan tugas yang tidak menyenangkan tapi harus Anda lakukan, Anda akan mudah kehilangan fokus dan pada akhirnya bekerja dengan tidak efektif.

Pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada tujuan yang harus dicapai akan membantu Anda tetap fokus.

3. Hilangkan hambatan
Apa yang menjadi hambatan produktivitas Anda selama ini? Apakah Anda mulai sering datang terlambat? Kalau begitu, atur alarm di ponsel Anda.

Apakah Anda menghabiskan terlalu banyak waktu pada rincian yang tidak penting? Tetapkan tujuan kerja yang lebih spesifik dan buat batas waktu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.