Kompas.com - 10/04/2017, 10:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Beberapa tahun terakhir ini, yoga Bikram atau hot yoga sedang naik daun, terutama di kalangan mereka yang ingin menurunkan berat badan. Apakah metode ini memang efektif atau tidak, simak kata ilmu pengetahuan.

“Mengingat betapa populernya yoga Bikram, cukup mengejutkan bahwa penelitian kami termasuk penelitian pertama yang memelajari subjek ini,” kata Dr Brian L. Tracy, seorang ilmuwan bidang olahraga di Colorado State University.

Tracy dan timnya melakukan dua percobaan pada efek fisik yoga Bikram, yang melibatkan serangkaian pose atau gerakan yoga selama 90 menit di ruang bersuhu hingga 40 derajat Celcius.

Peneliti merekrut para relawan usia muda berbadan sehat, namun tidak punya pengalaman yoga.

Setelah 24 kali sesi latihan selama delapan minggu, para peserta studi mengalami peningkatan kekuatan dan kontrol otot.

Mereka juga mendapatkan peningkatan keseimbangan tubuh yang cukup signifikan. Tapi, berat badan mereka hanya turun sedikit.

“Jujur, kami cukup terkejut dengan penurunan berat badan yang hanya sedikit itu karena ketika Anda berlatih Bikram, Anda merasa seperti berlatih dengan sangat keras,” kata Tracy.

Untuk menindaklanjuti penelitiannya, Tracy meminta guru yoga berpengalaman untuk mengukur detak jantung, suhu tubuh dan energi yang dikeluarkan selama sesi Bikram berikutnya. Data yang didapat membantu menjelaskan mengapa berat badan para relawan hanya turun sedikit.

Sementara denyut jantung dan suhu tubuh naik secara signifikan (tapi tidak berbahaya) selama 90 menit latihan, level metabolisme atau jumlah kalori yang terbakar kira-kira setara dengan orang yang berjalan cepat.

Walau mungkin mengecewakan para penggemar yoga Bikram yang ingin cepat menurunkan berat badan, setidaknya penelitian ini berguna sebagai petunjuk bagi mereka untuk memadukan latihan yoga Bikram dengan jenis latihan lain yang memang telah terbukti efektif membakar kalori, seperti misalnya latihan kardio.

Pemaduan dua jenis latihan dipercaya dapat membantu penurunan berat badan dengan lebih cepat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TIME
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.