Barang Wajib yang Sebaiknya Ada untuk Seserahan

Kompas.com - 13/04/2017, 08:56 WIB
Ilustrasi. ISTIlustrasi.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Memberikan seserahan adalah salah satu komponen wajib dalam pesta pernikahan. Pemberian seserahan ini dilakukan saat pihak laki-laki datang ke keluarga pihak perempuan sebelum pesta pernikahan merupakan simbol dari tanggung jawab kepada calon istri.

Isi dari seserahan ini berbeda-beda tergantung pada tradisi dan adat istiadat yang dipakai.

“Seserahan diberikan kepada calon pengantin wanita sebagai tanda niat yang baik dari calon pengantin pria untuk meminang pasangannya,” ujar Friska Ruslim, Bussiness Development Manager The Bride Dept dalam konferensi pers Journey of Love di Shangri-La Hotel Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Seserahan tersebut pula biasanya berisikan barang-barang yang diperlukan oleh calon pengantin wanita menuju hari pernikahan. Mulai dari pakaian, perhiasan, makanan termasuk buah-buahan, peralatan mandi, dan peralatan untuk ibadah.

Seserahan untuk wanita sendiri menurut Friska tergolong lebih banyak ketimbang seserahan untuk calon pengantin pria karena banyaknya detil-detil yang diberikan. Contohnya saja saat memberikan tas, bisa tas untuk pesta dan tas untuk digunakan sehari-hari.

Pada saat penyerahan seserahan, pihak calon pengantin wanita juga perlu menyiapkan seserahan atau dalam tradisi Jawa disebut angsul-angsul kepada calon suaminya. Isinya tidak sama dengan seserahan dari pihak pria. Biasanya berupa makanan matang yang disiapkan oleh calon ibu mertua.

"Maknanya adalah bahwa calon pengantin wanita menerima niat baik calon pengantin pria,” katanya.

Agar barang-barang seserahan sesuai dengan keinginan, sebaiknya saat membeli barang tersebut mempelai wanita ikut hadir. Dengan demikian barang yang diberikan memang berguna.

 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X