Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Barang Wajib yang Sebaiknya Ada untuk Seserahan

Isi dari seserahan ini berbeda-beda tergantung pada tradisi dan adat istiadat yang dipakai.

“Seserahan diberikan kepada calon pengantin wanita sebagai tanda niat yang baik dari calon pengantin pria untuk meminang pasangannya,” ujar Friska Ruslim, Bussiness Development Manager The Bride Dept dalam konferensi pers Journey of Love di Shangri-La Hotel Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Seserahan tersebut pula biasanya berisikan barang-barang yang diperlukan oleh calon pengantin wanita menuju hari pernikahan. Mulai dari pakaian, perhiasan, makanan termasuk buah-buahan, peralatan mandi, dan peralatan untuk ibadah.

Seserahan untuk wanita sendiri menurut Friska tergolong lebih banyak ketimbang seserahan untuk calon pengantin pria karena banyaknya detil-detil yang diberikan. Contohnya saja saat memberikan tas, bisa tas untuk pesta dan tas untuk digunakan sehari-hari.

Pada saat penyerahan seserahan, pihak calon pengantin wanita juga perlu menyiapkan seserahan atau dalam tradisi Jawa disebut angsul-angsul kepada calon suaminya. Isinya tidak sama dengan seserahan dari pihak pria. Biasanya berupa makanan matang yang disiapkan oleh calon ibu mertua.

"Maknanya adalah bahwa calon pengantin wanita menerima niat baik calon pengantin pria,” katanya.

Agar barang-barang seserahan sesuai dengan keinginan, sebaiknya saat membeli barang tersebut mempelai wanita ikut hadir. Dengan demikian barang yang diberikan memang berguna.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/04/13/085612720/barang-wajib-yang-sebaiknya-ada-untuk-seserahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke