Kompas.com - 12/05/2017, 20:29 WIB
Ilustrasi vapping KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAIlustrasi vapping
|
EditorWisnubrata

TANGERANG, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, rokok elektrik atau biasa disebut vape sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Mereka beralih dari perokok konvensional menjadi vapper. Namun, vape bukan tanpa resiko.

Ada beberapa dari penikmat vape mengalami peristiwa tak mengenakkan karena rokok elektrik mereka meledak. Lantas, apa penyebab vape bisa meledak?

Pemilik toko rokok elektronik Vappening, Egy Pranata Asprian, mengatakan ada dua penyebab vape bisa meledak. Pertama adalah masalah dari baterai. Komponen ini merupakan paling penting dari vape, karena semua tenaga arus listrik berasal dari baterai.

“Baterai ini harus dijaga dan diganti secara berkala,” kata Egy kepada Kompas Lifestyle di Vappening, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (12/5/2017).

Bila baterai dari vape sudah robek atau terlihat penyok, maka harus segera diganti. Tentu, Anda tak mau mempertaruhkan nyawa dengan harga baterai yang hanya berkisar Rp 100.000, bukan.

Kemungkinan kedua adalah karena lilitan kawat atau biasa disebut coiling di dalam vape. Lilitan ini bisa memberikan pengaruh besar terhadap daya suatu vape. Bila Anda melilit kawat terlalu rendah dengan besaran Ohm di bawah 0,1, maka akan berakibat baterai bekerja lebih besar dan menghasilkan tenaga berlebih.

“Meledaknya tidak seperti bom, hanya terbakar, karena tenaga baterai keluar semua,” kata Egy.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.