Kompas.com - 10/07/2017, 09:30 WIB
Pasangan berkencan di taman woottigonPasangan berkencan di taman
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Saat kita merasa bahwa kekasih adalah "the one", kita mengira semua akan berjalan sempurna dan hidup bahagia selamanya. Masalahnya, pernikahan yang langgeng perlu diusahakan.

Bagaimanapun, ia adalah pasangan yang Anda harapkan untuk menghabiskan seumur hidup bersama membentuk keluarga idaman. Tapi, dunia akan berubah, usia terus bertambah, dan tantangan akan menguji Anda. Agar hubungan bertahan jangka panjang dibutuhkan tanggung jawab, pengertian, dan kesabaran. 

Sebelum Anda melangkah ke jenjang pernikahan, ketahui apa saja yang perlu dibahas untuk mempersiapkan diri pada setiap kemungkinan.

1. Spritualitas

Bahkan jika Anda memiliki keyakinan yang sama, belum tentu paham atau pandangan Anda akan sama dengan pasangan. Untuk alasan ini, penting untuk bersikap terbuka dan jujur tentang keyakinan Anda dan bagaimana Anda merencanakan untuk mempraktikkannya. Pembicaraan mengenai hal ini harus lebih mendalam lagi jika Anda dan pasangan berbeda agama karena potensi konflik lebih besar.

2. Akankah kita punya anak

Ini adalah topik besar dan harus ditanggapi dengan serius. Anda dan pasangan harus benar-benar siap menjadi orangtua. Apakah Anda dan pasangan sepakat untuk memiliki anak atau tidak, jika iya berapa jumlahnya dan bagaimana cara membesarkan mereka.  Pastikan untuk menyentuh topik hangat seperti vaksinasi, tempat penitipan anak, dan homeschooling. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perhatikan pendapat pasangan dan prinsip yang dianutnya. Jangan mengecilkan keinginan Anda sendiri, dengan harapan kelak bisa meyakinkan pasangan untuk berubah pikiran.

3. Di mana kita akan tinggal

Topik ini jarang dibicarakan padahal merupakan salah satu faktor yang membuat pernikahan kurang harmonis. Bicarakan dengan pasangan tentang di mana Anda berdua akan tinggal. Apakah di apartemen, membeli rumah di pinggiran kota, atau menumpang dengan orangtua. 

Anda mungkin akan terkejut dengan jawaban yang Anda dapatkan. Sebagian orang benar-benar terikat dengan kota tempat mereka tinggal dan tidak pernah berniat pindah. Ini jelas merupakan percakapan penting bagi Anda berdua sebelum menikah.

4. Hutang

Membicarakan tentang uang memang tidak nyaman. Anda tidak ingin terlihat seperti sedang mencoba membongkar atau menghakimi, namun jika Anda ingin berbagi hidup dengan seseorang, Anda perlu tahu bagaimana keuangan merea. Jangan sampai Anda malah membayar hutang orang lain. Tentu saja, jika Anda adalah pihak yang berhutang, sebaiknya bereskan dulu hutang-hutang Anda. Jika memungkinkan, jangan rencana pernikahan sampai keuangan Anda lebih mudah diurus.

Halaman:


Sumber The List
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.