Kompas.com - 08/08/2017, 10:50 WIB
Ilustrasi bermain saat bekerja diego_cervoIlustrasi bermain saat bekerja
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Manuel De Falla, komponis besar asal Spanyol sangat terpukul ketika mendengar kabar kemantian temannya, pelukis Ignacio Zuloga.

Dengan penuh penyesalan, Falla meratapi “Sayang sekalo! Padahal, aku belum sempat menjawab suratnya yang kuterima lima tahun silam.”

Hampir semua orang dalam hidupnya pernah menyesal akibat penundaan yang dilakukannya. Mungkin termasuk Anda. Padahal, praktik menunda hanya perilaku buruk, seperti perilaku buruk lainnya, kebiasaan ini cukup mudah di ubah kok. Mau tahu caranya?

1. Lakukan terobosan

Langkah pertama dan besar yang harus kita ambil, hentikan kebiasaan menunda hari ini juga! Buatlah komitmen untuk mulai menggarap tugas-tugas  yang telah dan sedang Anda tunda.

Yang harus kita ingat, menit ini adalah waktu terbaik untuk menghentikan kebiasaan menunda. Hari ini adalah waktu yang tepat untuk lepas landas, melangkah, bekerja dan membuka jalan.

Jika ingin menulis, ambilah pena dan kerta. Jika ingin membuat laporan, jangan buang waktu dan lakukan sebelum tidur. Jika ingin berniat olahraga, lakukanlah hari ini.

Ingatlah pepatah bijak dari Timur Tengah, “Lakukan hari ini apa yang ingin Anda tunda sampai besok.”

2. Tujuan harus realistis

Banyak sekali rencana bagus yang gagal begitu saja lantaran yang ingin kita capai terlalu banyak dan tidak realistis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.