Kompas.com - 22/08/2017, 20:11 WIB
Ilustrasi pasangan di tempat tidur RidofranzIlustrasi pasangan di tempat tidur
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Meski hanya sekedar meriang dan batuk pilek biasa, pada dasarnya berhubungan seks saat sakit tidak dianjurkan oleh dokter. Pasalnya, masih ada kemungkinan besar bahwa penyakit atau kuman bisa menular.

Tapi, apa benar penyakit flu bisa ditularkan melalui sperma atau cairan vagina? Jika ya, seberapa cepat penyebaran penyakitnya? Nah, untuk mengetahui lebih dalamnya, mari simak penjelasan di bawah ini.

Hati-hati, flu ternyata bisa menular lewat hubungan seks. Penularan virus flu saat berhubungan seks umumnya terjadi ketika Anda atau pasangan yang sedang sakit tiba-tiba batuk atau bersin tanpa menutup mulut, sehingga menyebabkan virus berterbangan di udara terbuka yang sama-sama dihirup oleh Anda berdua. Kebiasaan batuk atau bersin yang ditutup dengan tangan pun tak lantas mencegah penularan flu saat seks.

Ann C. Palmenberg, Ph.D., seorang profesor biokimia di University of Wisconsin di Amerika Serikat, mengatakan meski flu tidak dapat ditularkan lewat cairan vagina atau air mani layaknya penyakit menular seksual pada umumnya, virus flu tetap bisa berpindah dari satu orang ke orang lainnya lewat ciuman atau sentuhan pasangan.

Sebab, meskipun Anda sudah mencuci tangan menggunakan cairan pembersih antibakteri, tetap saja hal itu tidak bisa mencegah penyebaran virus. Sebuah penelitian dari Clinical Infectious Disease mengatakan, kalau pembersih alkohol atau hand sanitizer tak serta merta 100 persen melindungi seseorang dari rhinovirus, si virus penyebab flu. Begitupun sama halnya jika Anda mengalami muntaber.

Baca: Bisakah Manusia Berhubungan Seks di Luar Angkasa?

Sedangkan jika penyakit yang Anda alami adalah demam, umumnya gejalanya membuat Anda merasa pegal dan lelah. Jadi kemungkinan besar Anda akan sulit merasa bergairah di kala suhu tubuh Anda sedang tinggi. Yang ada, berhubungan seks saat sakit demam malah membuat tubuh Anda makin lelah sehingga demam pun semakin parah.

Seberapa cepat waktu penularan penyakit?

Durasi seberapa lama Anda bisa menyebarkan atau menularkan penyakit Anda ke orang lain akan tergantung pada penyakit yang diderita. Penyakit yang paling umum, biasanya bisa menular dalam beberapa hari pertama setelah Anda mengalami beberapa gejala seperti suhu tubuh yang meninggi.

Namun beberapa penyakit dapat menyebar selama atau bahkan sebelum Anda menyadari kalau Anda akan sakit. Misalnya influenza, bisa menular penuh 24 jam sebelum gejala flu itu sendiri mulai. Jadi Anda bisa membuat pasangan Anda sakit bahkan sebelum Anda tahu kalau Anda terkena flu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.