Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2017, 06:15 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Olahraga dan aktivitas fisik itu baik buat kesehatan. Namun tidak semua orang memiliki semangat untuk rutin berolahraga dan tidak cukup sadar manfaat aktivitas fisik untuk kesehatannya.

Padahal mulai hidup aktif itu tak sesulit yang Anda bayangkan, bahkan bisa dilakukan dengan cara sederhana. Bila Anda mau, cobalah terapkan beragam cara unik berikut ini.

1. Jalan lebih cepat

Anda mungkin sudah lama ingin mulai olahraga, tapi bingung mulai dari mana. Nah, Anda bisa memulai dengan aktivitas sederhana seperti jalan cepat. Saat Anda harus jalan kaki, misalnya waktu belanja di mal, cobalah untuk jalan lebih cepat dari biasanya.

Selain membantu membakar kalori lebih banyak, jalan cepat juga akan membuat Anda jadi terbiasa beraktivitas fisik. Tanpa terasa, Anda pun sebenarnya sudah mulai olahraga teratur setiap berjalan kaki.

Baca: Negara Manakah yang Penduduknya Paling Malas Berjalan?

2. Naik tangga

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
Biasakan untuk memilih lewat tangga, bukan naik eskalator atau lift saat Anda berada di gedung bertingkat. Kalau kantor Anda ada di lantai yang cukup tinggi, siasati dengan cara naik lift sampai kira-kira tiga lantai di bawahnya. Lalu lanjutkan dengan naik tangga.

3. Jalan kaki setelah makan

Habis makan pasti rasanya lemas dan mengantuk. Untuk melawan rasa kantuk sekaligus berolahraga ringan, usahakan untuk jalan kaki selama beberapa menit. Karena dilakukan setelah makan, secara tak sadar Anda pun akan melakukannya secara rutin dan teratur.

Baca: 7 Tanda Anda Tidak Bugar

4. Parkir yang jauh

Ilustrasi jalan kakidanielvfung Ilustrasi jalan kaki
Kalau Anda biasa naik kendaraan sendiri, cobalah untuk parkir agak jauh dari tempat tujuan Anda. Misalnya parkir di gedung sebelah ketika mau jalan-jalan ke mal favorit. Atau pilih tempat parkir yang agak jauh dari pintu masuk supaya mau tidak mau Anda harus jalan kaki lebih jauh.

Sementara kalau Anda naik kendaraan umum, berhentilah agak jauh dari tempat tujuan Anda. Misalnya saat pulang dari kantor, jangan turun persis di depan rumah atau komplek. Lama-lama Anda pun akan terbiasa jalan jauh setiap hari.

5. Liburan sambil olahraga

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com