Kompas.com - 29/08/2017, 07:29 WIB
Mengantuk karena kurang tidur seb_raMengantuk karena kurang tidur
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Kurang tidur setelah lembur atau begadang mungkin sering Anda rasakan. Banyak orang yang menggunakan waktu tidurnya untuk menyelesaikan pekerjaan atau bersenang-senang. Kurang tidur ini selain menyebabkan lemas esok harinya, juga akan menyisakan tanda lelah pada wajah Anda.

Bagaimana caranya agar efek itu tersamarkan dan wajah terlihat lebih segar meski kurang tidur? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, ini sebagian di antaranya:

Menarik napas dalam-dalam

Kurang tidur dapat mengganggu aliran pembuluh darah Anda. Nah, menarik napas yang dalam secara perlahan akan membuat tubuh rileks, nyaman, dan tenang.  Selain itu, menarik napas dalam-dalam membantu aliran darah menjadi lebih lancar dan darah dapat dialirkan ke berbagai organ di tubuh secara merata.

Teh chamomile untuk mengempeskan kantung mata

Teh chamomile dapat membuat tubuh menjadi lebih segar meskipun kurang tidur semalaman. Namun bukan berarti Anda harus meminumnya. Kali ini Anda hanya membutuhkan kantung teh yang telah terpakai untuk mengompres kantung mata Anda yang besar.

Ambil kantung teh yang telah terpakai dan kemudian simpan di dalam lemari es. Selanjutnya, Anda dapat menaruhnya di bawah mata Anda dan mendiamkannya selama 10 menit. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa chamomile bersifat anti peradangan, membantu mengurangi pembengkakan, serta dapat memperbaiki kerusakan sel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mandi dengan air dingin

Sebagian orang mengira bahwa mandi dengan air panas lebih baik. Tetapi dalam hal ini sebaiknya Anda menggunakan air dingin. Air dingin dapat membuat pembuluh darah Anda mengecil, sehingga mengurangi bercak merah serta bengkak di wajah akibat tidak tidur cukup semalam. Pastikan juga menggunakan sabun yang sudah mengandung pelembap agar kulit Anda terlihat bersih, lembab, dan cerah.

Minum banyak air

Halaman:


Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.