Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2017, 13:40 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Kota New York, Amerika Serikat, dalam beberapa pekan terakhir ini dipenuhi oleh model yang akan mengisi pagelaran akbar pekan mode New York yang berlangsung sampai 13 September 2017.

Meski model-model itu sering terlihat berpakaian modis keluaran rumah mode, namun ternyata penghasilan mereka tidak seglamor penampilannya.

Menurut majalah Forbes, 20 model berbayaran tertinggi secara kolektif mengumpulkan uang 154 juta dollar Amerika pada tahun 2016.

Model senior Gisele Bundchen (36) berada di urutan paling atas dengan penghasilan sekitar 30 juta dollar. Kendell Jenner yang memiliki follower lebih dari 83 juta orang di Instagramm menghasilkan 10 juta dollar, dan Gigi Hadid sekitar 9 juta dollar.

Bagi model-model lain, penghasilan mereka ternyata jauh di bawahnya. Menurut statistik biro tenaga kerja, model di New York rata-rata mendapat penghasilan 48.130 dollar pertahun atau sepertiga dari pendapatan karyawan di kota itu yang mencapai 144.716 dollar.

"Kebanyakan model memiliki daya tawar yang rendah, dan seringkali tidak dibayar sesuai standar upah, terkadang honornya terlambat, atau baru dibayar setelah mereka komplain. Seringkali juga mereka dibayar dengan barang, atau tidak dibayar sama sekali," kata mantan model dan pendiri Models Alliance, Sara Ziff.

Mantan model Kelly Mittendorf (23) yang pensiun dari dunia modelling setelah 5 tahun berada di industri ini juga mengungkapkan pengalaman yang sama.

"Saya tidak pernah memiliki penghasilan yang cukup sebagai model. Saya juga punya banyak utang pada agensi model. Setiap agensi model membebankan biaya tiket, fotografer, dan cetak foto untuk portfolio. Termasuk juga pakaian untuk casting dan apartemen," kata Mittendorf.

Menurutnya, biaya-biaya tersebut harus ia bayarkan kepada agen dan dibutukan waktu paling tidak setahun untuk melunasinya. Jadi, walau honor yang mereka terima relatif besar, tetapi untuk menutupi biaya hidup dan hutang ke agensi, bisa jadi rekening mereka tak berisi banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com