Kompas.com - 25/09/2017, 07:45 WIB
Ilustrasi sakit punggung dan pinggang grinvaldsIlustrasi sakit punggung dan pinggang
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Sakit punggung adalah penyakit yang paling banyak dikeluhkan orang. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh aktivitas sederhana yang biasa dilakukan sehari-hari – misalnya mengangkat benda berat, duduk terlalu lama, trauma akibat kecelakaan, posisi membungkuk yag terlalu lama, dan lain sebagainya.

Tapi lebih baik mencegah dan menghindari hal-hal yang bisa memicu sakit ataupun nyeri pada punggung daripada harus mengobatinya. Beberapa tips mudah ini bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit punggung.

1. Olahraga

Salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit punggung adalah aktif bergerak dengan berolahraga secara teratur. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan, daya tahan tubuh, serta mendukung otot-otot Anda untuk bekerja lebih efektif.

Membangun otot yang kuat dan lentur akan memacu metabolisme tubuh bekerja lebih baik untuk menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Tubuh yang kuat dan lentur dapat membantu Anda meraih tingkat kebugaran tubuh yang paling optimal, mencegah cedera, dan bahkan melindungi Anda dari berbagai kondisi menyulitkan, seperti arthritis dan nyeri punggung, dan berbagai penyakit serius lainnya.

Ilustrasi olahraga dengan matrasWavebreakmedia Ltd Ilustrasi olahraga dengan matras
Selama berolahraga otot tubuh Anda akan belajar untuk menggunakan oksigen secara efisien. Pembakaran oksigen yang semakin efisien akan mengurangi penumpukan asam laktat pada otot. Dengan kata lain, Anda bisa terhindar dari pegal-pegal hingga cedera karena aktivitas harian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak hanya itu, olahraga juga merupakan salah satu cara untuk menjaga berat badan agar tetap sehat. Pasalnya, kelebihan berat badan dapat mempengaruhi otot-otot punggung yang nantinya bisa menambah ketegangan di bagian punggung.

Pada dasarnya Anda bisa melakukan olahraga apapun, namun olahraga yoga dan pilates merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk mencegah sakit punggung. Jika Anda sebelumnya memiliki riwayat sakit di sekitar persendian, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk menentukan jenis olahraga yang terbaik.

Baca juga: 5 Cara Menghindari Sakit Pinggang

2. Menjaga pola makan sehat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.