Kompas.com - 25/09/2017, 15:29 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Mandi adalahsalah satu bukti peradaban dan budaya manusia. Dahulu kala, orang tidak mandi mungkin tidak masalah. Namun seiring perkembangan jaman, orang mulai tahu bagaimana cara menjadi lebih sehat, lebih menarik, dan lebih nyaman. Dan mandi adalah salah satu caranya.

Kita yang hidup di daerah tropis sudah terbiasa mandi dua kali sehari, pagi dan sore. Kadang lebih bila aktivitas kita menyebabkan badan kotor, atau bila karena ada alasan lain, hendak berkencan misalnya.

Di iklim seperti Indonesia, tidak mandi akan membuat badan lengket dan bau. Lebih jarang lagi bersentuhan dengan sabun dan air, kulit menjadi gatal dan rambut berminyak. Karena alasan ini, wajar bila kita tak melupakan mandi. Pertanyaannya: apakah mandi harus dilakukan setiap hari? Bisakah kita hanya mencuci tangan saja, membersihkan wajah dan mengganti pakaian?

Berikut ini terdapat beberapa penjelasan secara medis dari para dokter ahli dan pakar kecantikan seperti dilansir dari laman GQ.

Tergantung Iklim

"Jika Anda tinggal di iklim yang kering atau di tempat dengan musim dingin yang ekstrim, maka terlalu sering mandi dengan air panas dan terlalu banyak menggunakan sabun bisa membuat kulit menjadi kering. Namun, di daerah yang lembab, jika Anda sering berolahraga, mandi setiap hari akan menjadi suatu kebutuhan untuk menjauhkan jerawat, bau badan, atau masalah kulit lainnya seperti ruam jamur." kata Dr Kendra Watson dari Dakota Dermatology di Sioux Falls, SD.

Jadi wajar bila Anda tidak mandi bila tinggal di daerah dingin atau saat musim dingin. Namun bila Anda penduduk Jakarta atau kota besar lain di Indonesia, maka mandi menjadi sesuatu yang penting.

Tergantung Gaya Hidup

"Jika Anda adalah seorang dengan keringat yang bau, maka demi kebaikan bersama, tolong mandi setiap hari. Hal ini akan menurunkan risiko tersumbatnya pori-pori, jerawat dan risiko dijauhi rekan-rekan karena aroma yang menyengat." kata Dr James Collyer dari Dermatologi Modern di Seattle.

"Saya merekomendasikan agar semua orang mandi setidaknya sehari sekali. Bila rutinitas mereka aktif dan menyebabkan berkeringat, saya merekomendasikan dua kali mandi. Mandi juga membantu membersihkan tubuh dari bakteri, jamur, dan bahan kimia seperti polusi atau pestisida." kata Dr Christopher O'Connell dari Skin Associates di South Florida di Miami.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber GQ
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.