Cara Pria Rawat Kulit Wajah di Usia 20, 30, 40, 50an

Kompas.com - 27/09/2017, 12:11 WIB
Ilustrasi pexelsIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kulit bisa menjadi cara untuk menerka usia. Kulit yang sehat tentu dapat membantu Anda terlihat lebih muda, dan sebaliknya, kondisi kulit juga bisa membuat seseorang terlihat beberapa tahun lebih tua.

Dr. Hooman Khorasani, kepala bedah dermatologis dan kosmetik di Icahn School of Medicine di Sinai New York memaparkan tentang masalah kulit inti yang menyertai setiap dekade kehidupan pria, termasuk bagaimana cara mengatasi masalah yang dihadapi kulit sesuai usia, dari pori-pori tersumbat hingga kejutan spot hitam di tengah perjalanan hidup Anda.

Usia 20an

Anda mungkin sempat memiliki sekumpulan jerawat saat remaja. Tetapi itu mungkin saja berlanjut ke dekade pertama Anda sebagai orang dewasa. Semua karena jumlah hormon testosteron yang masih tinggi.

"Di usia 20-an, masalah terbesar, yang merupakan berkah sekaligus masalah, adalah testosteron," kata Dr. Khorasani. “Testosteron bekerja pada kelenjar sebasea yang memproduksi minyak di bawah kulit.

Bagaimanapun, Anda tetap membutuhkan minyak wajah ini. Mereka melindungi kulit dari polutan dan membuatnya tetap lembab. Tapi bila pori-pori Anda tersumbat, saat itulah bakteri berkembang dan jerawat pun muncul.

“Berkeringat adalah pembersih alami wajah yang hebat," kata Dr. Khorasani. “Berolahraga secara teratur bisa menjadi langkah untuk menyehatkan tubuh sekaligus kulit. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan sikat wajah halus sekitar dua kali seminggu untuk membersihkan kulit mati secara menyeluruh.

Untuk perawatan harian, bila Anda terpapar polusi ketika berkomuta, pilihlah scrub wajah untuk membersihkan muka di malam hari. Gunakan juga pelembab yang berbahan dasar air.”

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X