Kompas.com - 11/10/2017, 09:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Salah satu elemen penting dalam film horor yang menegangkan adalah soundtrack dan efek suara yang khas. Suara-suara yang muram, terkadang dengan nada tinggi ampuh membangun ketegangan dan menghidupkan visual.

Dalam film Alfred Hitchcock, "Psycho", sengatan biola bernada tinggi mampu membuat adegan pembunuhan di kamar mandi menjadi adegan yang paling diingat dalam sejarah bioskop, walau pembunuhnya tidak ditampilkan jelas.

Lebih dari sekadar memberi efek menegangkan, musik dalam film horor tampaknya mengikuti tren sesuai preferensi musik para tokoh psikopatnya. Misalnya, Hannibal Lecter adalah penggemar berat musik klasik, sampai nekat membunuh pemain biola karena alasan sepele, mengacaukan secarik catatan.

Hal itu ternyata bukannya tanpa alasan. Menurut sebuah studi yang dimuat di harian The Guardian, memang pemilik watak psikopat menyukai genre musik tertentu. Walau sering digambarkan menyukai musik klasik yang berat, ternyata psikopat justru menyukai musik-musik populer.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh tim dari New York University, sekitar 200 orang diuji untuk menentukan skor psikopat mereka, kemudian mereka diperdengarkan 260 lagu yang berbeda.

Para peserta kemudian diminta untuk menilai setiap lagu dan para peneliti menarik data tersebut lalu menghubungkannya dengan skor psikopat para responden. Genre yang paling disukai oleh psikopat adalah rap, musik R&B, dan diikuti oleh musik rock.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.