Kompas.com - 23/10/2017, 11:37 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Cemburu adalah emosi yang wajar dialami pria dan wanita. Namun, rasa cemburu pada pria, karena karakteristik yang dimilikinya, biasanya akan lebih merugikan hubungan dibanding saat wanita cemburu.

Efek merugikan tersebut terjadi ketika pria merasa "sangat cemburu". Ini berbeda dengan cemburu ringan yang justru menjadi pupuk bagi suburnya sebuah hubungan.

Ternyata ada paradoks pada pria yang sedang cemburu. Mereka berjuang agar wanita yang dicintainya hanya miliknya seorang, tetapi merasa kurang yakin pada dirinya mampu menjaga kekasihnya.

Jadi apa saja tanda-tanda pria yang cemburu?

- Terlalu cepat
Pria yang cemburu terlihat ingin "terburu-buru" membuat komitmen. Normalnya, meski pria menyukai seorang wanita, ia akan banyak berpikir sebelum membuat komitmen berpacaran atau menikah.

Nah, bila pria terlihat terburu-buru, bahkan memaksakan kehendak sampai membuat Anda tidak nyaman, itu bisa jadi pertanda ia sedang tidak yakin. Ia mungkin takut Anda akan tertarik pada orang lain jika tidak segera "mengikat" Anda.

- Menjadi terlalu baik
Pria yang baik memang idaman banyak wanita, tapi kalau terlalu baik, sikapnya sangat baik, justru perlu diwaspadai.

Akar dari kecemburuan adalah takut, khawatir kehilangan. Rasa takut itu bisa dipicu oleh rasa percaya diri yang rendah. Pria dengan self-esteem yang rendah sulit percaya orang lain akan menghargainya.

Sikap yang baik memang perlu, tetapi kebaikan yang berasal dari rasa tidak aman dan kurang "pede" bisa berubah menjadi sikap posesif di kemudian hari.

- Ingin selalu menemani
Setiap wanita pasti senang jika kekasihnya selalu bersedia mengantar dan menemaninya ke mana pun. Tetapi, jika pria terlihat tak rela membiarkan Anda sendiri atau bersama teman-teman wanitanya, itu adalah sinyal bahaya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.