Kompas.com - 10/11/2017, 09:00 WIB
Ilustrasi tidur shutterstockIlustrasi tidur
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Selain olahraga dan makanan bergizi, tidur cukup adalah faktor penting bagi  kesehatan jiwa dan raga. Meski begitu, mungkin Anda juga termasuk dalam jutaan orang di dunia yang sering mengalami susah tidur atau insomnia.

Kebanyakan orang menyalahkan kondisi kasur untuk setiap gangguan tidur yang dialaminya. Padahal, kemungkinan besar disebabkan karena posisi tidur yang salah.

Banyak yang menduga bahwa posisi tidur paling sehat adalah dengan memiringkan tubuh ke kiri dan melengkungkan kaki dengan memeluk bantal di antara kedua lutut.

Menurut ahli tidur Dr.Josh Axe, posisi tersebut dapat meringankan sakit punggung dan mencegah kita mendengkur keras. Selain itu, posisi tersebut juga bisa mencegah naiknya asam lambung (reflux).

Sebaliknya, menurut psikolog klinis Michael Breus, tidur menghadap kanan kurang dianjurkan karena dapat mendorong pembuluh darah dan mencegah sirkulasi maksimum.

"Untuk mengimbangi tidak adanya sirkulasi, tubuh Anda akan bergerak sedikit demi sedikit dan inilah yang menyebabkan Anda tidak bisa tidur," paparnya.

Masih banyak alasan lain mengapa tidur menghadap kiri adalah posisi tidur terbaik demi kesehatan anda.

Baca :Ingin Sehat? Tidurlah Menghadap Kiri, Jangan ke Kanan

Lantas, bagaimana posisi tidur yang membahayakan tubuh? Dilansir dari WebMD, hindarilah posisi tengkurap yang bisa menekan bagian perut. Selain itu, hindari posisi yang menyiksa punggung dan leher. Posisi itulah yang membuat Anda mendengkur keras saat tidur.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X