Membaca Kepribadian dari Cara Berjalan

Kompas.com - 15/11/2017, 14:07 WIB
Ilustrasi berjalan kaki. ShutterstockIlustrasi berjalan kaki.
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com - Setiap pilihan yang kita buat secara tidak sengaja mengungkapkan sesuatu tentang pemikiran dan kecenderungan pikiran kita. Misalnya saja soal cara berjalan. Bukan hanya menunjukkan seberapa sibuk kita, tapi juga sedikit banyak mengungkapkan kepribadian.

Sebuah studi terbaru dilakukan untuk melihat kaitan antara bagaimana cara orang berjalan dengan kepribadiannya. Penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan 15.000 orang dewasa berusia 25-100 tahun sebagai sampel.

Dilansir dari Sage Journal, cara seseorang berjalan ternyata bisa mengatakan tentang siapa orang itu sebenarnya.

Mereka yang berjalan dengan cepat cenderung memiliki kepribadian ekstrovert, teliti dan terbuka terhadap pengalaman baru. Sementara orang-orang neurotik (mudah gelisah) cenderung berjalan dengan lambat.

Studi tersebut juga menemukan bukti kuat bahwa kecepatan berjalan di masa dewasa mencerminkan sebagian kepribadian individu.

Penelitian ini terkesan cukup rasional. Tapi, temuan ini hanya menunjukkan korelasi bukan sebab-akibat. Jadi, mengubah kecepatan berjalan tidak langsung mengubah kepribadian Anda.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X