6 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Rumah

Kompas.com - 22/11/2017, 18:26 WIB
Ilustrasi lavender awaygeIlustrasi lavender
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Nyamuk jadi musuh manusia. Tidak hanya gigitannya yang membuat kulit jadi bentol, gatal, dan kemerahan, nyamuk pun juga bisa menimbulkan beragam penyakit, seperti DBD (demam berdarah dengue) dan malaria.

Untuk mengusirnya, orang seringkali mengunakan obat berbahan kimia yang berpotensi berdampak buruk bagi kesehatan. Nah, mengapa Anda tidak mencoba alternatif lain untuk menggunakan tanaman pengusir nyamuk di rumah?

Ternyata ada beragam tanaman yang terbukti ampuh mengusir nyamuk. Apa saja? Berikut ini tanaman-tanaman yang bisa membantu mengusir nyamuk di rumah Anda.

1. Serai wangi                                                                     

Ilustrasi tanaman lemongrass atau serai wangiy-studio Ilustrasi tanaman lemongrass atau serai wangi
Serai tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan atau minuman saja. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Oleh karena itu, tidak heran jika lilin aromaterapi atau losion anti nyamuk sering menggunakan serai sebagai bahan utamanya.

Serai bisa tumbuh subur di berbagai iklim dan jenis tanah. Hal inilah yang membuat serai jadi tanaman yang mudah ditemui dan dipelihara sendiri di rumah. Meskipun serai tidak cocok bila ditanam di dalam pot, Anda bisa mengakalinya dengan menanamnya di bawah jendela sekitar rumah. Ini dilakukan agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

2. Lemon balm

Ilustrasi tanaman lemon balmunimode Ilustrasi tanaman lemon balm
Sama seperti serai, lemon balm juga mengandung senyawa sitronelal yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm ini juga salah satu wewangian yang tidak disukai nyamuk.

Meski begitu, Anda harus berhati-hati apabila ingin menanam daun ini di pekarangan rumah. Pasalnya, tanaman ini memiliki sifat invasif, atau memiliki pertumbuhan yang cepat.

3. Lavender

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X