Mau Turunkan Kolesterol? Ini Solusi "Rumahan" yang Efektif

Kompas.com - 05/12/2017, 07:39 WIB
Ilustrasi bawang putih AmaritaIlustrasi bawang putih
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Kolesterol tinggi adalah salah satu alasan utama penyakit jantung.

Sambil memetakan faktor risiko, dokter biasa menyarankan pasiennya untuk menguji kadar kolesterol total, Low Density Lipoprotein (LDL), dan High Density Lipoprotein (HDL).

Kadar kolesterol total dan LDL yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung, sementara kadar HDL tinggi merupakan faktor pelindung.

Diet harian memainkan peran penting dalam mencapai dan mempertahankan kondisi kesehatan.

Baca juga : Gejala dan Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Orang Kurus

Kolesterol tinggi dapat dicegah dan dikendalikan secara efektif dengan kombinasi diet yang baik, olahraga teratur, berat badan ideal, dan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Selain itu, Dr. Rupali Datta, Ahli Nutrisi Klinis yang dikutip laman NDTV juga memiliki solusi "rumahan" dengan menggunakan bahan dapur, yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol tinggi.

1. Bawang putih

Bawang putih telah lama dikenal dengan khasiatnya yang meningkatkan kesehatan.

Bawang putih mengandung asam amino, vitamin, mineral, dan senyawa organosulfur seperti allicin, ajoene, s-allylcysteine, s-ethylcysteine, dan diallylsulfide.

Senyawa belerang ini dikatakan sebagai bahan aktif yang memberikan sifat terapeutik pada bawang putih.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X