Makanan Berserat Bisa Jadi Kunci untuk Turunkan Berat Badan - Kompas.com

Makanan Berserat Bisa Jadi Kunci untuk Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 10/01/2018, 12:06 WIB
Ilustrasi toiletShutterstock Ilustrasi toilet

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan bukanlah hal mudah. Meskipun berbagai cara diet telah dilakukan, lemak tetap saja betah berada di dalam tubuh.

Lebih dari separuh warga Amerika mengalami obesitas. Bahkan, 90 persen penderita obesitas adalah kaum pria.

Sejauh ini, belum ada satu pun cara paling tepat yang diyakini bisa digunakan untuk mencapai berat badan ideal.

Namun, ada sebuah tempat yang bisa Anda coba gunakan untuk menghilangkan lemak berlebih di dalam tubuh, yaitu toilet rumah Anda.

Dilansir dari Mens'Health, "kotoran" bisa jadi jawaban untuk menurunkan berat badan. Tinja mengandung bakteri usus yang bisa menjadi solusi dalam menurunkan berat badan.

Riset terbaru yang diterbitkan International Journal of Obesity, kemampuan orang untuk menurunkan berat badan sangat bergantung pada bacteroide dan prevotella, dua bakteri usus yang membantu mencerna serat dalam makanan Anda.

Beberapa orang memiliki konsentrasi lebih tinggi daripada yang lain dan satu-satunya cara yang untuk mengetahui jumlah kedua bakteri di dalam tubuh adalah dengan pemeriksaan laboratorium.

Studi tersebut mengumpulkan 62 penderita obesitas dan secara acak meminta mereka mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti buah, dan sayuran.

Sebagian lainnya diminta menyantap makanan standar yang sangat banyak mengandung daging dan lemak.

Peserta dengan diet serat tinggi kehilangan sekitar 3,5 kilogram sedangkan peserta diet biasa kehilangan hanya dua kilogram selama rentang enam bulan.

Setelah percobaan awal setengah tahun, semua partisipan beralih ke diet serat tinggi, dan ditemukan bahwa orang-orang dengan konsentrasi bacteroides dan prevotella yang lebih tinggi mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak.

Sebenarnya, di kedua segmen penelitian, selalu para peserta dengan konsentrasi kedua bakteri usus yang lebih tinggi memiliki garis pinggang yang lebih kecil dan kehilangan lemak lebih besar.

Tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah bakteri usus yang Anda miliki.

Jika Anda ingin memiliki tubuh langsing, cobalah berolahraga untuk membakar kalori. Anda juga bisa melakukan 6 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Menghitung Kalori dan mencoba Diet Tinggi Serat, Cara Sehat Turunkan Berat Badan.


EditorErvan Hardoko
Komentar
Close Ads X