5 Minuman Sehat yang Ampuh Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 15/01/2018, 20:23 WIB
Ilustrasi tidur vadimguzhvaIlustrasi tidur
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Pada umumnya, masalah sulit tidur yang diakibatkan insomnia bisa ditangani dengan perubahan pola tidur yang lebih bersih dan gaya hidup sehat. Pada kasus tertentu, orang yang mengalami insomnia mungkin butuh menjalani terapi atau minum obat tidur.

Namun tahukah kamu bahwa beberapa makanan dan minuman alami bisa membantu kita agar tidur nyenyak sepanjang malam? Inilah berbagai minuman sehat yang bisa membantu kita tidur nyenyak

1. Susu hangat

Susu mengandung senyawa aktif triptofan. Kandungan triptofan dalam susu mampu merangsang otak memproduksi hormon serotonin dan melatonin.

Kedua hormon inilah yang membuat kita merasa lebih rileks, tenang, dan cepat mengantuk. Selain itu, susu juga tinggi kalsium, yang sama-sama bisa bikin ngantuk.

Agar tidur nyenyak, ada baiknya kamu mengonsumsi susu hangat sebelum tidur. Suhu hangat bisa membantu kita semakin merasa rileks dan santai.

Baca juga : Minum Susu Bikin Sekeluarga Tidur Nyenyak, Ini Buktinya!

2. Teh lavender dan chamomile

Menurut Marie Ruggles, seorang ahli diet seperti yang dikutip dari Reader’s Digest, teh herbal kombinasi bunga chamomile dan lavender bisa membuat kita tidur lebih nyenyak.

Teh dari bunga chamomile yang dikeringkan mengandung efek yang bisa bantu menghilangkan stres dan menenangkan pikiran. Sedangkan minyak esensial lavender bisa melemaskan saraf tegang setelah seharian beraktivitas.

Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan 2 kantung teh chamomile yang diseduh air hangat selama 8 menit. Lalu, aduk sambil tambahkan 1 atau 2 tetes minyak lavender murni. Konsumsi 30-60 menit sebelum waktu tidur.

3. Jus ceri

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X