Kompas.com - 16/01/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kebiasaan-kebiasaan kecil, seperti cara berjabat tangan, memilih sepatu, sampai menggunakan tisu toilet, ternyata mengungkapkan banyak hal soal kepribadian. Pakar psikologi dan perilaku mengungkapkan, setidaknya kita bisa menebak kepribadian seseorang dari 12 hal ini:

1. Pilihan sepatu
Studi yang dipublikasikan pada Journal of Research in Personality menunjukkan bahwa kepribadian bisa dilihat dari alas kaki yang dipilih. Dalam studi tersebut, para responden menguggah foto-foto sepatu mereka, kemudian melengkapi kuisioner tentang kepribadian. Kelompok lainnya melihat foto-foto sepatu tersebut, kemudian diminta menuliskan kepribadian pemakainya. Hasilnya ternyata luar biasa akurat.

Mereka bisa menebak umur, pendapatan dan kondisi kecemasan seseorang hanya dari sepatu yang digunakan.

Orang-orang yang mengenakan sepatu-sepatu nyaman cenderung memiliki sifat menyenangkan, sementara mereka yang suka menggunakan ankle boots biasanya lebih agresif.

Menggunakan sepatu yang kurang nyaman menunjukkan bahwa pemakainya cenderung lebih kalem. Sedangkan mereka sangat memperhatikan perawatan sepatunya memiliki karakter yang mudah khawatir dan suka bergantung.

2. Cara berjabat tangan
Sebuah studi yang dipublikasikan pada The Journal of Personality and Social Psychogy nenemukan bahwa cara seseorang berjabat tangan menentukan persepsi orang terhadapmu. Dalam percobaannya, para juri dilatih untuk mengenali 8 karakter jabat tangan, yaitu jabat tangan erat, temperatur tangan saat bersalaman, tingkat kekeringan, kekuatan, durasi, semangat saat bersalaman, tekstur, dan kontak mata.

Hasilnya menunjukkan, mereka dengan jabat tangan yang lebih mantap menunjukkan kepribadian yang ekspresif secara emosional, ekstrovert dan berpikiran lebih positif daripada yang lain.

Sedangkan mereka dengan jenis jabat tangan lemah, menunjukkan kepribadian yang lebih pemalu dan memiliki gangguan emosi.

Kesan pertama para juri sangat berkorelasi dengan ini. Mereka setuju jika para partisipan dengan jabat tangan yang mantap cenderung terlihat lebih percaya diri dan tidak mudah cemas.

3. Cara jalan
Pakar bahasa tubuh, Patti Wood menyampaikan bahwa cara berjalan menunjukkan kepribadian seseorang. Jika Kamu cenderung menumpukan berat badan ke depan saat berjalan dan jalanmu cepat, biasanya Kamu termasuk orang yang cenderung produktif dan logis. Orang mengagumi sifatmu itu, tapi Kamu cenderung dingin dan kompetitif.

Jika Kamu berjalan dengan dada ke depan, bahu ke belakang dan kepala terangkat (biasanya politisi dan selebritis), kamu memiliki kecenderungan kepribadian yang menyenangkan, karismatik dan mudah beradaptasi secara sosial, meskipun kamu juga cenderung suka merebut "panggug".

Sementara jika cara jalanmu menumpukan berat pada kaki, tidak terlalu ke depan maupun ke belakang, maka Kamu cenderung lebih tertarik pada orang ketimbang tugas, dan lebih fokus pada kehidupan personal daripada karier. Kamu akan bagus jika menjadi bagian dari kelompok, tapi cenderung mudah terdistraksi.

Terakhir, jika jalanmu cenderung berjinjit dan mata melihat ke bawah, maka kamu cenderung introvert dan sopan.

Studi yang dipublikasikan The Journal of Interpersonal Violence menunjukkan bahwa penghuni penjara dengan tendensi psikopat mampu menilai kerapuhan orang lain dan memilih korbannya dari gaya berjalannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X