Kompas.com - 17/01/2018, 12:10 WIB
Ilustrasi Pexels.comIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kita hidup di zaman digital yang memungkinkan kita untuk memiliki teman kencan cukup dengan menggeser-geser jari telunjuk di layar ponsel. Populasi penduduk dunia sangat besar, dan seharusnya peluang kita untuk memiliki pasangan sangat besar. Tapi, mengapa sampai saat ini kita masih melajang?

Sebagai makhluk sosial, tak ada orang yang ingin menghabiskan sisa hidup sendirian. Semua pasti butuh cinta dan kasih sayang. Walau begitu, rasanya sulit menemukan jodoh, pasangan hidup yang didambakan. Bahkan, membuka hati untuk jatuh cinta pun kita merasa takut.

Ada banyak hal yang membuat kita sulit untuk jatuh cinta dan ini adalah tiga alasan paling utama.

1. Tak berusaha keras

Kita hidup di zaman serba instan dan ini akhirnya turut memengaruhi pola pikir kita. Kita hanya menyukai segala sesuatu yang mudah, menyenangkan dan menggairahkan. Hal ini yang membuat kita sering lupa pada kenyataan.

Tidak semua hal akan berjalan mudah, apalagi urusan hati. Kita pasti sering mendengar ungkapan 'ada banyak ikan di laut'. Nah, karena itulah kita sering menganggap pasangan seperti barang yang bisa dibuang dan diganti sesuka hati.

Akhirnya saat hubungan dalam fase krisis, kita tidak berusaha keras untuk memperbaikinya. Ada banyak kisah cinta yang berakhir karena kemalasan ini. Kita juga kerap cemburu dan berpikir bahwa hubungan orang lain lebih indah dari milik kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jangan sampai orang yang kita cintai pergi hanya karena kita kurang berusaha keras mempertahankannya, karena kita menyia-nyiakan waktu bersamanya dan kurang memperhatikannya saat ia berada di dekat kita.

Seandainya hal ini terjadi pada pekerjaan, apakah Kamu akan melakukan hal yang sama? Hanya karena kesulitan yang sebenarnya bisa diatasi Kamu memutuskan keluar dari karier yang sejak lama diimpikan. Tentu tidak bukan?

Menemukan pasangan yang memang kita cintai adalah hal terindah dalam hidup. Namun, seringkali kita kurang menganggapnya sebagai prioritas. Sadari bahwa ketika dua orang dengan isi kepala berbeda hidup bersama, tentu akan ada perbedaan pendapat dan kesalapahaman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.