Kompas.com - 15/02/2018, 13:59 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak yang percaya bahwa tipe pria ideal dalam bayangan banyak wanita adalah yang kekar maskulin. Kira-kira seperti Jason Momoa, Tom Hardy, atau Chris Evans. Pria yang bertubuh tinggi besar memang terkesan lebih penyayang, protektif, dan bertanggung jawab.

Tapi tunggu dulu. Survey yang dilakukan oleh Mens Health pada seribu orang perempuan dewasa usia 21-50 tahun malah mendapati bahwa wanita justru mendambakan bersanding dengan cowok humoris daripada tipe lainnya. Kenapa?

Setiap orang bisa dan pasti akan tertawa, setidaknya satu kali dalam hidupnya. Itu karena tertawa adalah refleks suara yang keluar tanpa bisa disadari atau dipaksa, yang menjadi bagian dari insting manusia yang paling primitif.

“Ketika tertawa, kita mengekspresikan luapan emosi primitif yang berasal dari dalam tubuh,” ungkap Robert R. Provine, PhD, pakar perilaku neurobiologis asal University of Maryland di Baltimore, dilansir dari WebMD.

Provine juga menemukan bahwa wanita bisa tertawa lebih sering dan lebih mudah daripada pria. Wanita menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi untuk tertawa ketika merespon humor dan lelucon yang dilontarkan lawan bicaranya.

Baca juga : Bagaimana Tetap Menarik Meski Tidak Ganteng

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Social Neuroscience tahun 2013 menunjukan bahwa respon otak wanita dalam menanggapi humor dan lelucon sudah terbentuk sejak masa kanak-kanak.

Setelah mengamati 22 anak perempuan dan laki-laki berusia 6-13 tahun yang diminta menonton video-video lucu, otak anak perempuan menunjukkan aktivitas yang lebih tinggi daripada otak anak laki. Terutama di bagian otak tengah yang bernama amigdala. Amigdala adalah area otak yang memainkan peran kunci dalam mengolah emosi.

Studi di atas menyimpulkan bahwa anak perempuan merasakan kegembiraan dan menunjukkan respon positif yang lebih kuat terhadap hal-hal yang bersifat humor.

Ini indikator bahwa wanita memiliki ketertarikan lebih besar dan lebih menghargai humor. Tidak heran jika ketika membicarakan tipe pria ideal, tidak sedikit wanita yang memprioritaskan cowok humoris ketimbang karakteristik lainnya.

Baca juga : Magnet Pria yang Humoris

Selain itu, cowok humoris adalah penghibur yang baik. Tanpa disadari, hal inilah yang paling sering didambakan wanita dalam mencari pasangan pria yang ideal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.