Kompas.com - 15/02/2018, 16:07 WIB

KOMPAS.com - Suara kunyahan makanan yang terlalu keras bukan hanya tidak sopan, tapi juga bisa berpengaruh pada proses belajar seseorang.

Riset baru yang diterbitkan dalam jurnal Applied Cognitive Psychology mengatakan tingkat kepekaan pada suara orang yang makan atau batuk mempengaruhi proses pembelajaran.

Mereka yang memang sensitif pada jenis suara ini - bahkan jika mereka tidak memiliki sindrom kepekaan suara (mishoponia) akan lebih sulit untuk menguasai dan menyimpan informasi saat mendengar seseorang mengunyah.

Sensitivitas suara ternyata memang berpengaruh terhadap kinerja akademik.

"Beberapa orang sangat peka terhadap latar belakang suara yang halus seperti mengunyah makanan, dan kepekaan ini cukup mengganggu dalam pembelajaran," ucap Logan Fiorella, selaku pemimpin riset dan asisten profesor kognisi terapan dan pengembangan di University of Georgia.

Baca :Secangkir Teh Bisa Bikin Kamu Lebih Kreatif, Benarkah?

Ini sebabnya mengapa sebagian besar orang memang lebih gampang belajar di ruangan yang tenang.

"Bila hal itu tidak dapat dihindari, ada beberapa strategi yang disarankan oleh peneliti lain seperti menggunakan penyumbat telinga, dengan fokus pada suara sendiri, atau menggunakan dialog internal yang positif," katanya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.