Kecemasan Bisa Bantu Perkuat Memori, Benarkah?

Kompas.com - 27/02/2018, 16:00 WIB
Ilustrasi cemas kitzcornerIlustrasi cemas

KOMPAS.com - Jika selama ini kecemasan dianggap sebagai hal yang buruk -bahkan dianggap sebagai gangguan mental, riset terbaru justru menunjukkan bahwa rasa cemas adalah pertanda yang bagus.

Berdasarkan riset dari University of Waterloo, Kanada, rasa cemas disebut mampu mempertajam daya ingat.

Riset ini menggunakan 80 mahasiswa sebagai subjek dalam penelitian.

Disimpulkan, mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang dapat dikendalikan mempunyai ingatan terhadap sebuah peristiwa secara lebih akurat, dibandingkan mereka yang kurang merasakan tekanan.

"Pada tingkat tertentu, ada tingkat kecemasan yang optimal yang akan menguntungkan ingatan kalian," ucap Myra Fernandes, seorang profesor psikologi dari University of Waterloo.

Namun, Myra Fernandes memperingatkan, tingkat kecemasan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan seseorang mencapai titik kritis. Jika dibiarkan, kondisi itu pada akhirnya akan mempengaruhi ingatan, dan juga penampilan mereka.

Riset ini juga mengungkap, kecemasan yang terlalu tinggi dapat membuat kemampuan seseorang untuk mengingat detail suatu peristiwa menjadi berkurang dan cenderung mengarahkan ingatan mereka pada hal negatif.

Kecemasan terlalu tinggi memang berakibat fatal. Bahkan, kecemasan yang berlebihan bisa mematikan gairah bercinta.

Baca: Bagaimana Kecemasan Bisa Mematikan Gairah untuk Bercinta?

Namun, ada banyak cara untuk mengusir kecemasan atau kegelisahan yang terlalu berlebihan.

Berikut metode "5-4-3-2-1", Teknik Mudah yang Ampuh Usir Kegelisahan.

 



Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X