Kompas.com - 01/03/2018, 19:00 WIB
Ilustrasi pasangan makan DragonImagesIlustrasi pasangan makan

KOMPAS.com - Kencan pertama memang hal yang berkesan dan menentukan nasib hubungan asmara selanjutnya.

Namun, siapakah yang harus membayar saat kencan pertama?

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus yang menetapkan siapakah yang harus membayarnya. Namun, hal ini bisa menjadi masalah tersendiri, dan membuat suasana kencan menjadi kikuk.

Dalam survei tahun 2017 lalu, yang dilakukan Money and SurveyMonkey, 78 persen responden mengatakan, mereka percaya bahwa pria harus membayar kencan pertama.

Hasil survei tersebut senada dengan temuan dalam peneltian sebelumnya, yang dipimpin oleh Emmers-Sommer di tahun 2010.

Temuan riset tersebut menunjukan, pria yang harus membayar tagihan saat kencan pertama.

Bahkan, riset selanjutnya menunjukkan bahwa para lajang di dunia modern ini percaya jika wanita yang memulai inisiatif untuk kencan pertama pun, sudah merupakan hal yang wajar.

Namun, pada kenyataanya tetap pria yang harus membayar biaya kencan.

Menurut Alex Williamson, pemimpin merek pada aplikasi kencan Bumble, mereka yang berinisiatif untuk kencan pertama adalah pihak yang seharusnya membayar tagihan kencan.

"Orang tersebut harus 'bertanggung jawab' membayar biaya kencan," ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X