Kompas.com - 02/03/2018, 20:00 WIB
Salah satu pembicara pada workshop local market, Vice President Business Development Lima Group, Agni Pratama. KOMPAS.com/Nabilla TashandraSalah satu pembicara pada workshop local market, Vice President Business Development Lima Group, Agni Pratama.

JAKARTA, KOMPAS.com - "Dari sisi sustainability, kalau perempuan yang pegang bisnisnya atau dia yang berada di driving seat pasti lebih sustainable."

Demikian dikatakan Vice President Business Development Lima Group, Agni Pratama pada sebuah sesi diskusi di Local Market, Jakarta, Jumat (2/3/2018) sore.

Benarkah demikian?

Salah satunya adalah riset yang dipublikasikan Global Entrepreneurship Monitor (GEM) pada 2016-2017 soal perempuan di bidang enterpresneurship secara global.

Dalam beberapa tahun terakhir tercatat dari 163 juta perempuan memulai bisnis di seluruh dunia, ada 111 juta yang memiliki bisnis berkelanjutan.

Baca juga: Banyak yang Gagal Saat Memulai Bisnis, Apa Sebabnya?

Terhadap aktivitas entrepreneur secara total, partisipasi perempuan dalam entrepreneurship sama bahkan lebih tinggi dari pria.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi ini terjadi di lima negara berkembang, yakni Indonesia, Filipina, Vietnam, Meksiko, dan Brasil.

Penelitian serupa menurut Agni telah banyak dilakukan.

Lalu, apa yang menjadi penyebabnya?

Agni menjelaskan, hal ini lebih didasari kepada struktur sosial yang dibangun sejak dulu, bahwa laki-laki bekerja sebagai tulang punggung keluarga dan bekerja di sektor formal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.