Gerai Kopi di California Wajib Cantumkan Peringatan Kanker

Kompas.com - 03/04/2018, 11:45 WIB
Nikmati Secangkir Kopi di Gold Coast Andrew WatsonNikmati Secangkir Kopi di Gold Coast

KOMPAS.com - Meski para ilmuwan belum memastikan apakah konsumsi kopi bisa menyebabkan kanker, tapi para hakim di California, Amerika Serikat, berpendapat lain. Semua gerai kopi di negara bagian ini wajib mencantumkan peringatan kanker dalam minuman ini.

Pemicunya adalah zat kimia yang diproduksi saat proses menyangrai biji kopi bersifat karsinogenik atau memicu kanker.

Dalam 8 tahun terakhir memang terjadi perdebatan hukum antara kelompok nonprofit dan gerai kopi raksasa tentang bahaya zat kimia yang disebut acrylamida tersebut.

Dewan Pendidikan dan Riset mengenai zat toksik meminca industri kopi menghilangkan acrylamida dalam proses sangrai kopi. Hal tersebut juga dilakukan oleh produsen keripik yang juga digugat kelompok ini beberapa tahun lalu.

Jika tidak mau menghilangkan acrylamida, paling tidak disebutkan dalam kemasan bahayanya, terutama sebagai pencetus kanker.

Pihak industri kopi, yang dipimpin oleh Starbuck Corp, mengatakan bahwa kadar zat kimia dalam kopi tidak berbahaya dan risikonya terhadap kesehatan melebihi manfaatnya.

Selain itu, mereka menolak menghilangkan acrilamyda karena bisa merusak cita rasa kopi.

Selama persidangan, Hakim Pengadilan Tinggi California, Elihu Berle, menyebut industri kopi gagal memberikan bukti bahwa zat kimia dalam kopi tidak berbahaya.

Di California, semua produsen memang diwajibkan memasang label peringatan untuk semoa produk yang bersifat karsinogenik.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber AP
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X