Ini yang Bisa Kita Pelajari dari Gaya Busana Pria Jepang

Kompas.com - 13/04/2018, 12:00 WIB
Stylist Tomoki Sukezan Stylist Tomoki Sukezan

KOMPAS.com - Bagi para desainer dan pekerja kreatif, Jepang menjadi salah satu pusat inspirasi gaya pria. Minat para pria Jepang terhadap gaya berbusana yang rapi dan penuh gaya memang sudah berakar sejak lama.

"Secara historis, pria Jepang sering mengenakan pakaian wanita karena itu adalah simbol kekayaan dan kekuasaan. Penghormatan terhadap warna, bentuk, dan pembuatan, terlihat aristokrat dan mereka tak melihat perbedaan dalam hal gender,” papar direktur kreatif Vogue dan GQ Jepang, Gene Krell.

Motofumi Poggy Kogi, buyer untuk United Arrows & Sons dan pecinta street-style sartorial setuju akan pendapat itu . Menurutnya, pria Jepang memiliki perspektif berbeda untuk berpakaian.

"Misalnya saja di negara lain bakal ada perlawanan bagi seorang pria untuk mengenakan pakaian feminin. Namun, di Jepang, pria lebih leluasa memakai apa yang mereka inginkan," kata Kogi.

Dari pemerintahan Oda Nobunaga hingga aktor Kabuki, di mana peran wanita dimainkan oleh aktor pria pada periode Edo, ada budaya artistik untuk pria yang mengenakan pakaian wanita."

"Sekarang di kota-kota besar, kebanyakan mencampur pakaian pria dan wanita selama tampilannya terlihat bagus. Dalam hal itu, pria Jepang sangat kreatif dalam mode,” paparnya.

Informasi mengenai mode tersebar luas di Jepang, seperti di majalah fashion. Hal ini memungkinkan pria Jepang memiliki pengalaman gaya yang berbeda selama bertahun-tahun. Ini sekaligus bukti bahwa mereka telah menyempurnakan gayanya sendiri.

“Selama beberapa dekade, informasi di majalah memberi para pria Jepang banyak waktu untuk belajar, mencoba, dan menyempurnakan banyak hal, termasuk tren dari luar negeri,” kata Philippe Terrien, praktisi public relation di agensi TFC, Tokyo.

 

 

-fall/winter 2018 #maisonkitsune looks tokyo showroom day three ????

A post shared by masaya kuroki (@masayakitsune) on Jan 25, 2018 at 6:35pm PST

Jika kamu juga menyukai gaya busana pria Jepang, berikut beberapa inspirasi gaya yang bisa dicoba dari pria yang gayanya cukup menonjol dan pendapat mereka mengenai mengapa pria Jepang sangat modis.

1. Padu padan gaya vintage

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber SCMP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X