Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2018, 11:56 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Selain olahraga teratur, asupan protein hewani seperti daging dan telur biasanya menjadi makanan utama bagi orang yang ingin membentuk ototnya. Namun, bagaimana dengan para vegan yang ingin membentuk otot? Masalahnya, orang vegan tentu tidak makan produk-produk hewani.

Tenang, kamu tetap bisa membangun massa otot tanpa mengorbankan pola hidup vegan. Namun sebelum membahas lebih jauh, kamu sebaiknya memahami dulu apa itu vegan.

Vegan adalah pola hidup sehat di mana orang-orang yang menjalaninya tidak mengonsumsi produk pangan yang berasal dari hewan beserta produk turunannya, seperti daging, susu, keju, madu, telur, dan bahan lain yang ada unsur hewaninya.

Pola vegan tentu berbeda dengan vegetarian. Pasalnya, beberapa orang yang vegetarian masih mengonsumsi produk turunan hewan seperti madu atau telur. Sementara orang yang vegan sama sekali tidak mengonsumsi segala hal yang berbau produk hewani.

Menjadi seorang vegan bukan hanya sebuah gaya hidup, tetapi ini bisa menjadi pilihan hidup.

Selain rutin melakukan latihan fisik, hal lain yang penting untuk diperhatikan dalam mendukung pembentukan otot adalah asupan zat gizi sebagai makanan sel pada otot. Sel otot membutuhkan zat gizi sebagai energi untuk melakukan aktivitasnya.

Baca juga : 5 Tips Diet Vegan untuk Pemula

Saat ingin membentuk otot, kita akan lebih banyak makan makanan yang mengandung protein tinggi. Meskipun protein yang paling baik dicerna tubuh adalah protein yang berasal dari hewani, kita tetap bisa mendapatkan protein yang sama baiknya dari produk tumbuhan.

Sebenarnya tidak hanya protein yang sangat dibutuhkan otot, karbohidrat dan lemak juga dibutuhkan untuk mendukung pembentukan otot. Nah, ketiga zat gizi makro inilah sangat diperlukan otot untuk pertumbuhannya. Beberapa makanan terbaik yang dapat membantu pembentukan otot bagi para vegan di antaranya:

1. Kacang-kacangan

Meskipun tidak mendapatkan asupan kalsium dari produk olahan susu, kamu tetap bisa memperolehnya dari kacang tanah, almond, dan pistachio.

Selain mengandung kalsium, kacang juga mengandung lemak dan protein baik bagi tubuh. Karena kandungan tersebut, kacang bisa jadi pilihan makanan ringan bagi mereka yang ingin meningkatkan asupan kalori.

2. Sayuran hijau

Jika ingin membangun otot secara optimal, mengonsumsi makanan tinggi gizi itu penting. Kangkung, kale, sawi, bayam, brokoli, asparagus, dan sayuran hijau lainnya dapat membantu mencukupi asupan protein.

Misalnya, dua cangkir brokoli mengandung 5 gram protein. Meski jumlahnya tidak banyak, mengonsumsi sayuran pada pagi, siang, dan malam hari mampu mencapai hingga 15 gram protein dalam sehari.

Baca juga : Tubuh Pria Penyuka Sayuran Lebih Wangi

3. Tempe

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com