Kompas.com - 16/04/2018, 11:03 WIB
Ilustrasi menu vegan MizinaIlustrasi menu vegan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Diet vegan dikenal memiliki berbagai macam manfaat, bahkan banyak orang yang memutuskan untuk melakukan diet ini dengan alasan etika karena menghormati hak hewan dan lingkungan serta alasan kesehatan.

Bagi yang baru mau mulai menjadi vegan tapi masih bingung bagaimana melakukannya dengan benar, catat beragam tips diet vegan di bawah ini.

Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya pastikan dan jangan sampai tertukar antara diet vegan dan diet vegetarian. Ini merupakan dua hal yang berbeda. Vegan adalah salah satu dari berbagai jenis diet vegetarian.

Diet vegan umumnya menghindari konsumsi semua produk hewani, termasuk olahan dari hewan seperti susu, keju, telur, gelatin, madu, dan sebagainya. Sementara diet vegetarian menghindari daging dan produk hewani, tapi beberapa masih mengonsumsi susu, telur, dan madu.

Tak seperti bayangan orang-orang, sebenarnya diet vegan bisa kita jalani tanpa harus merasa sengsara karena tidak bisa mengonsumsi produk pangan hewani. Lalu apa saja tips diet vegan buat orang yang baru mau mulai menjalaninya?

1. Jangan menunda-nunda

Menurut dr. Michael Klapper, seorang dokter sekaligus pakar diet nabati, jangan menunda-nunda untuk mulai diet vegan. Beberapa orang memang masih ragu dan belum percaya diri, sehingga hanya berwacana terus untuk memulai diet ini. Padahal, semakin menunda tidak akan membuat kita semakin mantap memulai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka itu, lebih baik praktikkan langsung diet ini dengan menantang diri sendiri secara bertahap. Misalnya mulai dengan satu hari saja, kemudian tiga hari, satu minggu, hingga satu bulan.

Lama-lama, tubuh akan menyesuaikan diri dengan perubahan pola makan ini dan kamu bisa menjadi vegan sepenuhnya.

2. Buat rencana makan (meal plan)

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.