Kompas.com - 29/05/2018, 08:51 WIB
Koleksi Cokelat Cinta Indonesia yang dipadukan dengan sembilan kuliner Indonesia resmi diluncurkan pada Senin (25/5/2018). KOMPAS.com/Nabilla TashandraKoleksi Cokelat Cinta Indonesia yang dipadukan dengan sembilan kuliner Indonesia resmi diluncurkan pada Senin (25/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang menyukai cokelat karena rasanya yang manis dan enak. Tapi, siapa sangka kalau rasa dari beberapa masakan khas Indonesia bisa dipadukan dengan manisnya cokelat?

Dapur Cokelat meluncurkan koleksi cokelat bertema 'Cokelat Cinta Indonesia' yang bertepatan dengan ulang tahun ke-17.

Sembilan kuliner Indonesia dihadirkan lewat sajin cokelat berbagai bentuk. Masakan tersebut antara lain rendang, soto, nasi uduk, sambal pecel, sambal kecombrang, sambal goreng, rempeyek, kunyit asam, dan beras kencur.

Melihat bentuk-bentuknya yang lucu, siapapun pasti tak menyangka kalau sembilan cokelat tersebut punya rasa yang sangat unik.

Pendiri Dapur Cokelat, Ermey Trisniarty menjelaskan, pihaknya ingin memberikan sesuatu yang spesial pada usia yang ke-17.

Baca juga: Misi Membawa Pangan dan Kuliner Indonesia Mendunia

Penggunaan cokelat sebagai bumbu masakan sudah banyak digunakan di luar negeri. Namun, hal itu menurutnya masih agak aneh di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Lalu gimana caranya saya dan tim mencoba berkreasi. Pas kami coba, enak. Ini rendang bukan berarti dagingnya dimasukkan dalam cokelat tapi komponen bumbunya yang kami masukkan," kata Ermey di sela peluncuran 'Cokelat Cinta Indonesia' di Plataran Menteng, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Pendiri Dapur Cokelat Ermey Trisniarty (kiri) bersama Marketing Dapur Cokelat Farid Attar pada peluncuran Cokelat Cinta Indonesia di Plataran Menteng, Jakarta, Senin (28/5/2018).  KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Pendiri Dapur Cokelat Ermey Trisniarty (kiri) bersama Marketing Dapur Cokelat Farid Attar pada peluncuran Cokelat Cinta Indonesia di Plataran Menteng, Jakarta, Senin (28/5/2018).
Sembilan kuliner tersebut dipilih karena dinilai sudah dikenal luas sebagai masakan khas Indonesia.

Kreasi ini bukan tak melalui rangkaian trial and error yang panjang. Untuk proses eksperimen sendiri berjalan sekitar enam bulan sampai menemukan komponen bumbu yang tepat.

"Belum lagi mempertimbangkan ketahanannya. Karena ini semua rempah-rempah yang fresh," tuturnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.