Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2018, 21:18 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber
KOMPAS.com - Cokelat merupakan salah satu simbol kasih sayang. Tak heran banyak orang memberi cokelat pada yang mereka cintai.
 
Nah, selain tanda kasih sayang, cokelat ternyata memiliki benefit bagi kesehatan. Berikut 5 manfaat yang diperoleh dengan makan cokelat.
 
1. Jantung yang sehat
 
Kamu sebaiknya tahu bahwa nutrisi cokelat berasal dari biji kakao. Kenapa demikian? Karena biji kakao kaya akan nutrisi tanaman yang disebut flavanoid.

Di antara ragam cokelat, jenis cokelat hitam adalah yang paling besar mengandung nutrisi tersebut.

Apa manfaat dari flavanoid? Zat tersebut memiliki sifat antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, menurut pakar kesehatan dari Universitas Harvard, mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga mengurangi risiko atrial fibrillation --kondisi detak jantung yang tidak teratur yang dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi jantung lainnya.

 
 
2. Memperbaiki otot lebih cepat
 
Setelah berolahraga, jangan lupa minum atau makan cokelat, karena disebut dapat memulihkan tubuh lebih cepat, terutama pada bagian otot.

Kurang percaya? Sebuah studi dari University of Texas di Austin menemukan bahwa atlet yang minum cokelat rendah lemak setelah latihan--bukan minuman olahraga berbasis karbohidrat atau minuman bebas kalori--mengalami pemulihan lebih cepat.


3. Meningkatkan kemampuan otak
 
Kalau Kamu mulai sering lupa, coba konsumsi cokelat. Sebuah studi tahun 2014 menemukan orang dewasa yang mengonsumsi suplemen kakao tinggi flavanoid selama tiga bulan tampil lebih baik dalam tes memori dibandingkan peserta yang mengonsumsi suplemen kakao rendah flavanoid.

Selain itu, sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa daerah dengan konsumsi cokelat paling tinggi memiliki lebih banyak warga yang menerima Hadiah Nobel.

Nah, kalau pemenang Hadiah Nobel saja mengonsumsi lebih banyak cokelat, mungkin kita juga harus begitu.

 
Baca juga : Cokelat Memang Sahabat Otak
 
4. Membersihkan kulit
 
Mungkin dulu orangtua pernah melarang kita makan cokelat karena akan merusak kulit. Ternyata, mengonsumsi cokelat justru memperbaiki kulit.
 
Beberapa penelitian mengungkapkan cokelat dapat membantu melindungi dari sinar UV yang berbahaya. 
 
Tapi sebaiknya memilih cokelat yang rendah gula, karena kebanyakan gula justru bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat.
 
 
5. Mengurangi nafsu makan berlebih
 
Jika merasa terlalu banyak makan, cokelat hitam bisa jadi solusi untuk menurunkan nafsu mengunyah lebih banyak lagi.
 
Mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu mengatur nafsu makan, menurut sebuah penelitian kecil oleh para peneliti Universitas Kopenhagen. Hal itu berlaku kalau Kamu menyukai makanan manis, asin, atau berlemak.
 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com