Kompas.com - 03/06/2018, 21:16 WIB

KOMPAS.com - Hubungan seksual yang "panas" memang termasuk dalam kegiatan fisik yang membakar kalori. Namun, apakah jumlahnya cukup signifikan?

Dikutip dari laman Men’s Health, pembakaran kalori tergantung ragam faktor, termasuk berat badan dan seberapa kuat kita saat di ranjang,

Pada 2013, para ilmuwan di Universitas Montreal berusaha menjawab pertanyaan ini dengan meminta 21 pasangan heteroseksual mengenakan pelacak kebugaran SenseWear selama mereka “bercinta”. 

Mereka juga diminta berlari di treadmill selama 30 menit untuk membandingkan “sexercise” mereka dengan olahraga yang sebenarnya.

Hasilnya, seperti yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, rata-rata pria membakar 100 kalori selama berhubungan seks, sementara wanita membakar sekitar 69 kalori. 

Para peneliti memerkirakan, pria membakar sekitar 4,2 kalori per menit saat berhubungan seks, sementara wanita membakar 3,1 kalori.

Baca juga: Benarkah Seks Bikin Tidur Lebih Nyenyak?

Secara total, jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks jauh lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibakar pria selama berolahraga, yaitu sekitar 276 kalori. Kendati demikian, aktivitas ini masih bisa dilakukan sebagai penyeimbang latihan di gym.

Durasi rata-rata pasangan dalam studi ini melakukan hubungan seks sekitar 25 menit, sehingga dapat diasumsikan, semakin lama sesi bercinta, semakin banyak kalori yang dapat dibakar. 

Tapi, sebelum terlalu bersemangat dengan potensi pembakaran kalori, studi lain yang diterbitkan pada tahun 2013 menyimpulkan sebaliknya, di mana hubungan seks tidak terlalu berefek seperti olahraga.

Diterbitkan di New England Journal of Medicine, studi ini bertujuan untuk menepis beberapa mitos terkait penurunan berat badan, seperti seks dapat membakar antara 100 hingga 300 kalori. 

Baca juga: Penyebab Diet Rendah Kalori Tak Berjalan Efektif

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.