Kompas.com - 04/06/2018, 22:00 WIB

KOMPAS.com - Ketika kepala mendadak sakit, kamu mungkin akan langsung menuju ke lemari obat untuk meminum obat pereda nyeri yang tersedia di sana.

Karena ingin cepat sembuh, kamu lupa untuk memeriksa tanggal kedaluwarsanya. Setelah obat itu tertelan, kamu baru menyadari bahwa obat tersebut telah kedaluwarsa.

Tanggal kedaluwarsa obat umumnya tertera pada label atau kemasan obat.

Tanggal  yang tertera tersebut merupakan tanggal terakhir di mana pabrik farmasi atau produsen obat masih dapat memberikan jaminan penuh akan potensi obat dan keamanannya.

Dan, semua produsen obat, wajib mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada setiap produknya.

Dikutip dari Health, Margarita Rohr, MD, dari Universits New York, Pusat Kesehatan Wanita Langone Joan H. Tisch, mengatakan ada sedikit bukti ilmiah bahwa obat kedaluwarsa bisa menjadi toxic (racun).

Baca juga: Makanan yang Masih Layak Konsumsi Walau Kedaluwarsa

Racun tersebut, yang apabila kamukonsumsi dapat membuat sakit, sama seperti saat  kita mengonsumsi makanan busuk.

Meski tidak selalu berakibat buruk, namun yang jelas, obat akan kehilangan beberapa efektivitasnya setelah tanggal kedaluwarsa berakhir.

 “Seberapa banyak efektivitas yang hilang setelah tanggal kedaluwarsa, masih belum jelas, dan kemungkinan akan menimbulkan efek buruk bagi tubuh,” katanya.

Pada beberapa obat tertentu tanggal kedaluwarsa obat lebih penting daripada yang lain.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Meetdoctor
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.