Mengapa Olahraga Adalah Cara Terbaik Menghilangkan Stres

Kompas.com - 23/06/2018, 16:46 WIB
Ilustrasi olahraga Antonio_DiazIlustrasi olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah kamu sering mengalami stres belakangan ini? Stres memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dibiarkan tanpa ada penanganan atau ‘pengobatan’.

Stres berhubungan langsung dengan berbagai fungsi tubuh. Seseorang yang mengalami stres bukan tidak mungkin mudah terkena sakit karena stres mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah pada pencernaan, bahkan peningkatan risiko terkena penyakit degeneratif.

Olahraga sesungguhnya merupakan bentuk ‘stres’ fisik bagi tubuh. Sederhananya, dengan kita membiasakan melakukan olahraga, tubuh belajar beradaptasi dan terbiasa menghadapi ‘stres’ fisik dengan baik.

Dengan adaptasi tersebut, maka tubuh dapat dengan mudah bertahan menghadapi tekanan lainnya.

Baca juga: Apakah Berlari Bisa Mengurangi Kadar Stres?

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga seperti aerobik yang dilakukan rutin berhubungan dengan penurunan aktivitas saraf simpatik dan hypothalamic-pituitary-adrenal.

Aktivitas saraf simpatik dan hyphothalamic-pituitari-adrenal adalah sistem tubuh yang bertanggung jawab untuk merespon stres dan menimbulkan perubahan fungsi tubuh akibat stres.

Melakukan olahraga rutin juga sama dengan melatih tubuh untuk merespon stres lebih baik, termasuk merespon dalam hal perubahan fungsi dan fisiologis tubuh.

Bila detak jantung menjadi lebih cepat, otot menegang, dan tekanan darah meningkat, maka olahraga dapat menurunkan dan membuat perubahan tersebut menjadi normal kembali.

Baca juga: Bentuk Otot Sekaligus Kurangi Stres, Lakukan Ini di Gym

Telah disebutkan sebelumnya bahwa stres berdampak buruk bagi fungsi tubuh. Stres dapat menimbulkan perubahan fisiologis pada tubuh seperti detak jantung lebih cepat, insomnia, peningkatan nafsu makan, dan sebagainya.

Dengan melakukan olahraga secara rutin maka fungsi tubuh yang berubah akibat stres juga dapat diatasi.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X