Kompas.com - 26/06/2018, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Sekitar satu dekade lalu, mendeteksi apakah pasangan selingkuh semudah menemukan noda lipstik dan wangi parfum yang tertinggal di baju, atau bon restoran makan malam di saku.

Kini di era media sosial, aplikasi kencan, dan juga whatsAp, menentukan tanda-tanda pasangan berbohong atau tidak menjadi jauh lebih rumit.

Istilah "selingkuh kecil" (micro cheating) kini semakin akrab di telinga generasi yang melek teknologi.

Ini merupakan istilah untuk menggambarkan serangkaian bentuk perhatian kecil yang ditujukan pada seseorang yang bukan pasangannya.

Menurut profesor psikologi dari Universitas South Wales, Dr.Martin Graff, perselingkuhan kini telah berevolusi seiring dengan makin banyaknya waktu kita di dunia maya.

"Sebelum adanya gadget, micro-cheating mungkin bentuknya adalah melepas cincin kawin sebelum pergi ke club dengan teman-teman," katanya.

Baca juga: Simak, Tanda-tanda Pasangan Melakukan Micro-Cheating

Di era digital ini makin gampang bagi kita mengirim sinyal bahwa kita available, mulai dari rajin memberi tanda "like" pada postingan seseorang sampai mengirim pesan langsung (DM).

Graff mengatakan, walau selingkuh kecil mungkin bukan berarti kita berpaling dari pasangan, tetapi perilaku ini bisa memicu ketidaksetiaan. Semacam pemanasan.

"Fakta bahwa saat ini kita makin sering berkomunikasi secara online dan bukan tatap muka, membuat hubungan jadi lebih ambigu," katanya.

Beberapa bentuk selingkuh kecil yang bisa menjadi bom waktu dalam sebuah hubungan antara lain:

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.