Kompas.com - 20/07/2018, 09:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Putri Indonesia 2004 sekaligus aktris Artika Sari Devi mengaku melakukan "trik" khusus agar anak-anaknya menyukai sayuran. Trik itu dilakukan sejak putri pertamanya, Sarah Ebiela Ibrahim (Ebi) masih kecil.

Saat itu, Artika pun mengenalkan terlebih dahulu rasa asli dari sayur dan buah tanpa diolah.

Salah satunya dengan cara bermain peran alias menjadikan sayur-sayuran tersebut sebagai tokoh.

"Saya ajak dia untuk dongeng. Saya masukin tokoh-tokoh buah dan sayur, bahwa ada karakter baik di dalamnya yang jika masuk tubuh bisa bantu agar tubuhnya kuat dan tahan dari penyakit," kata Artika dalam konferensi pers bersama Minute Maid di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Cara tersebut dinilainya sangat efektif. Anak juga cenderung memiliki kedekatan lebih dengan sayuran dan buah-buahan.

"Jadi dia kenal itu bukan cuma sebagai makanan tapi sebagai sahabatnya dia," kata Artika.

Untuk terus memberikan pemahaman terhadap sayuran, Artika rutin membawa Ebi ke toko buah, pasar atau supermarket agar ia bisa memilih langsung sayur yang diinginkannya.

Kemudian, Artika akan mengajak Ebi untuk membantu memasak.

"Jadi misalnya bikin cap cay atau sayur campur, tugas dia cuci dan potong sayuran. Jadi ketika masakannya jadi dia enggak: "ih, mama masak apa tuh". Tapi ini masakan yang kita masak," ujarnya.

Selain itu, Artika menekankan pentingnya mengajak anak mencoba sayuran, meski jumlahnya tak banyak. Ia pun tak akan memaksa untuk menghabiskan sayur dalam jumlah banyak.

Hal itu agar tak timbul trauma saat anak mencicipi sayuran.

"Hari ini boleh sedikit coba, enggak apa-apa. Saya enggak akan paksa dia untuk habiskan. Besoknya harus lebih banyak, lebih banyak lagi, sampai lama-lama dia habuskan," kata Artika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.