Tangan Sering Basah Tanda Penyakit Jantung, Benarkah?

Kompas.com - 03/08/2018, 18:51 WIB
Ilustrasi tangan berkeringat coffeekaiIlustrasi tangan berkeringat
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini kondisi telapak tangan yang sering berkeringat kerap dikaitkan dengan kemungkinan gejala penyakit jantung.

Apakah tanda tersebut memang salah satu indikasi penyakit jantung atau hanya mitos?

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Heart Center Siloam Hospital Lippo Village, Vito Damay menjelaskan, tangan yang berkeringat tidak selalu menjadi tanda penyakit jantung melainkan bisa saja merupakan tanda syaraf simpatik.

"Ada orang yang nervous keringat tangannya. Karena ini salah satu tanda saraf simpatik kita," kata Vito dalam talkshow yang digelar Yayasan Jantung Indonesia di The Ritz-Carlton Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Namun, tanda itu tak sepenuhnya salah. Sebab, salah satu ciri penyakit jantung adalah mudah berkeringat. Hal itu dikarenakan tubuh berusaha beradaptasi dan bekerja keras padahal tidak mampu melakukannya.

Jika ingin lebih memastikannya, tanyakan apakah orang tersebut sering mengalami sesak. Namun, jika orang tersebut mengatakan dirinya beraktivitas normal bahkan ketika berolahraga, maka bisa jadi tangan yang basah tersebut bukan tanda penyakit jantung.

Vito menganjurkan agar kita memastikannya lewat cek Ekokardiografi untuk hasil yang lebih pasti.

"Jadi enggak pasti tangan berkeringat penyakit jantung, tapi bisa jadi," tuturnya.

Baca juga: 5 Tes Medis yang Lebih Akurat Deteksi Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi serangan jantungeggeeggjiew Ilustrasi serangan jantung
Vito menjelaskan sejumlah tanda-tanda kecenderungan serangan jantung atau penyempitan pembuluh darah yang menghadap ke jantung.

Jantung kita berukuran sebesar kepalan tangan dan membutuhkan darah untuk berdenyut setiap saat. Ketika pembuluh darah jantung tersumbat, maka serangan jantung akan terjadi.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X