Kompas.com - 11/08/2018, 12:30 WIB
Ilustrasi pria sedih eugenesergeevIlustrasi pria sedih

KOMPAS.com - Orang bilang, jodoh di tangan Tuhan. Tapi, tidak ada salahnya kita berusaha mendapatkan yang terbaik.

Masalahnya, banyak pria menyerah begitu saja tanpa berusaha. Menurut riset, penampilan yang buruk, rendahnya percaya diri, dan kurangnya usaha adalah penyebab utsms pria hidup tanpa pasangan.

Padahal hidup dengan pasangan dapat bermanfaat bagi kesejahteraan seseorang. Hadirnya pasangan bisa meningkatkan kehidupan sosial dan tingkat kebugaran.

Namun, memperoleh pasangan memang tak mudah. Beberapa orang butuh waktu lama untuk jatuh cinta, mendapatkan pasangan, dan menjaga hubungan yang harmonis.

Baca juga: Bagaimana Tetap Menarik Meski Tidak Ganteng

Menelaos Apostolou, asisten profesor untuk Sekolah Humaniora, Ilmu Sosial dan Hukum, di the University of Nicosia, Siprus, menganalisis alasan pria tetap melajang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengajukan kuesioner di platform media sosial Reddit dengan menayakan alasan mengapa para pria tetap melajang.

Alhasil, pertanyaan tersebut mendapat 20.207 tanggapan, dengan beberapa ribu komentar dicatat sebagai tanggapan atas jawaban orang lain.

Periset menganalisis 13.429 tanggapan utama, dan mengelompokan mereka dalam 43 kategori dalam sebuah riset yang diterbitkan dalam journal Evolutionary Psychological Science.

Ternyata alasan paling umum para pria melajang adalah 'merasa memiliki penampilan yang buruk', alias kurang ganteng! Sebanyak 662 pria memilih alasan tersebut sebagai penyebab mereka tak memiliki pasangan.

Rendahnya kepercayaan diri menjadi alasan kedua mengapa pria hidup tanpa pasangan. Sementara itu, kurangnya usaha dan minat dalam hubungan asmara berada di urutan ketiga dan keempat para pria tetap melajang.

Baca juga: Bagaimana Mengetahui Si Dia adalah Jodoh Kita

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X