Kompas.com - 11/09/2018, 14:00 WIB
ILustrasi kaki ShutterstockILustrasi kaki

KOMPAS.com - Karena kesibukan dan aktivitas yang menuntut kita terus bergerak, seringkali justru mengabaikan kondisi kaki. Padahal, fungsi kaki sangat penting untuk menopang tubuh kita.

Masalah kaki yang banyak ditemui adalah kapalan. Seperti dikutip dari Webmd.com kapalan terjadi karena ada gesekan dan tekanan terus menerus terhadap kaki. Kondisi ini biasanya berupa penebalan lapisan terluas dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Menurut dr Ramona Brooks, pakar penyakit kaki, ada berbagai tidak tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari kapalan. 

Sesuai ukuran kaki

Pertama pastikan kamu memakai sepatu yang sesuai dengan ukuran.

“Kamu tak ingin sepatu tersebut kebesaran saat kaki bergerak,” ungkap Brooks. “Sebab, kondisi itu membuat gesekan dan tekanan yang bisa membuat lecet/melepuh sehingga berakhir kapalan.”

Kontrol bantalan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, pastikan ada bantalan insole yang memadai di dalam sepatu. Hal ini penting untuk melindungi kaki, terutama mereka yang memiliki banyak tonjolan tulang.

Tonjolan ini adalah titik pada tubuh di mana tulang berada tepat di bawah permukaan kulit dan berisiko menyebabkan luka tekanan yang bisa berakhir dengan luka.

Ada juga orang-orang yang menderita fat pad atrophy, yang digambarkan oleh Mortonsneuroma.com sebagai kehilangan bertahap dari fat pad di tumit kaki, dan paling sering terjadi pada orang-orang berusia tua. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.