Kompas.com - 11/09/2018, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Masa kuliah boleh jadi merupakan masa yang menyenangkan. Kita sudah tidak lagi dianggap remaja dan punya banyak kebebasan. Hidup tak pernah membosankan karena dikelilingi teman dan sering bersenang-senang.

Setelah masa itu lewat, fase hidup selanjutnya ternyata justru berlawanan. Kebanyakan orang akan merasa hidupnya kesepian.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada Developmental Psychology di 2016   terungkap bahwa, baik laki-laki maupun perempuan menemui puncak kesepian sebelum usia 30 tahun.

Hasil studi itu kurang lebih sama dengan survei pada 2017 yang dilakukan oleh Jo Cox Loneliness Comission (kampanye dari Inggris yang bertujuan mengungkap krisis tersembunyi dari kesepian).

Survei dilakukan terhadap sebagian laki-laki di Inggris dan menemukan bahwa 35 tahun adalah usia ketika responden sangat merasa kesepian dan 11 persen di antaranya mengatakan mereka kesepian dalam kesehariannya.

Kita mungkin saja mengalami masalah keuangan, karir dan masalah hubungan, namun rasa kesepian seharusnya bisa dihilangkan jika kita berusaha.

Tess Brigham, Terapis asal San Francisco yang memiliki spesialisasi menangani dewasa muda dan millenial menjelaskan, ada banyak mitos tentang hal-hal yang terjadi pada usia 20 tahunan.

"Banyak klien saya berpikir mereka harus memiliki karir yang cemerlang, menikah, atau setidaknya bertunangan lalu memiliki kehidupan sosial menyenangkan sebelum berusia 30 tahun atau jika tidak, mereka gagal," kata Brigham.

Kondisi budaya terkadang juga membuat seseorang merasa hanya dirinya yang gagal dan tertinggal.

Baca juga: Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kehidupan

Contoh yang nyata adalah ketika seseorang melihat kehidupan teman-temannya lewat media sosial. Apa yang ditampilkan di media sosial memang tidak mewakili kehidupan asli, tapi tetap saja banyak orang muda merasa sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.