Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kehidupan

Kompas.com - 18/07/2018, 08:24 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Ada saat-saat di mana kita merasa tidak ada seorang pun yang bisa memahami, mendengarkan, menghargai, atau mendukung. Pada saat itulah muncul rasa kesepian.

Kesepian merupakan suatu masalah yang sebetulnya bisa diatasi. Bahkan di negara tertentu seperti Inggris, kesepian dianggap sebagai masalah kesehatan masyarakat yang harus ditangani langsung oleh pemerintah.

Sebetulnya apa, sih, yang dimaksud dengan kesepian? Kenapa banyak pakar kesehatan masyarakat yang menggolongkan rasa kesepian sebagai wabah? Yuk, cari tahu seluk-beluk kesepian dan cara mengatasinya di bawah ini.

1. Rasa kesepian bisa muncul walau kita dikelilingi teman dan keluarga

Rasa kesepian tak hanya terjadi pada orang yang hidup sendirian. Kesepian adalah perasaan terputusnya hubungan seseorang dengan teman-teman, keluarga, atau lingkungan sosial.

Kesepian juga bisa menggambarkan perasaan seseorang yang merasa bahwa tidak ada orang lain yang bisa memahami dirinya.

Selain itu, orang yang kesepian juga tidak memiliki hubungan dengan orang lain yang bisa membuat ia merasa dibutuhkan atau diinginkan.

Kesepian bisa disebabkan karena seseorang diasingkan, tapi itu bukan faktor utama yang paling memengaruhi.

Kita bisa merasakan kesepian meskipun setiap hari dikelilingi oleh teman dan keluarga. Bila tidak terlalu akrab, tidak berinteraksi, atau tidak punya ikatan yang kuat dengan orang-orang tersebut, kita bisa tetap merasa kesepian.

Baca juga: Mengapa Inggris Mengangkat Menteri Urusan Kesepian?

2. Banyak orang lanjut usia yang kesepian

Ilustrasi kesepianWitthaya Ilustrasi kesepian
Semakin bertambah usia, orang akan semakin sibuk dengan kegiatan masing-masing sehingga lebih jarang berinteraksi dengan orang-orang terdekat yang juga sama-sama sibuk.

Banyak juga orang lanjut usia yang sudah tidak punya banyak kegiatan dan orang-orang di sekitarnya seperti anak dan cucu jarang datang berkunjung. Hal inilah yang mengundang munculnya rasa kesepian pada orang tua.

Meski begitu, kesepian tetap bisa menghantui setiap orang, terlepas dari berapa usianya. Hanya saja kesepian pada orang lanjut usia lebih mengkhawatirkan karena akan sangat berdampak pada kesehatan.

Lansia memang rentan mengalami berbagai keluhan soal kesehatan akibat proses penuaan. Bila dibumbui dengan kesepian, lansia mungkin semakin kesulitan menjaga pola hidup sehat.

Baca juga: Waspadai, Efek Negatif dari Kesepian

3. Kesepian bisa “menular”

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com