Kompas.com - 18/07/2018, 08:24 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada saat-saat di mana kita merasa tidak ada seorang pun yang bisa memahami, mendengarkan, menghargai, atau mendukung. Pada saat itulah muncul rasa kesepian.

Kesepian merupakan suatu masalah yang sebetulnya bisa diatasi. Bahkan di negara tertentu seperti Inggris, kesepian dianggap sebagai masalah kesehatan masyarakat yang harus ditangani langsung oleh pemerintah.

Sebetulnya apa, sih, yang dimaksud dengan kesepian? Kenapa banyak pakar kesehatan masyarakat yang menggolongkan rasa kesepian sebagai wabah? Yuk, cari tahu seluk-beluk kesepian dan cara mengatasinya di bawah ini.

1. Rasa kesepian bisa muncul walau kita dikelilingi teman dan keluarga

Rasa kesepian tak hanya terjadi pada orang yang hidup sendirian. Kesepian adalah perasaan terputusnya hubungan seseorang dengan teman-teman, keluarga, atau lingkungan sosial.

Kesepian juga bisa menggambarkan perasaan seseorang yang merasa bahwa tidak ada orang lain yang bisa memahami dirinya.

Selain itu, orang yang kesepian juga tidak memiliki hubungan dengan orang lain yang bisa membuat ia merasa dibutuhkan atau diinginkan.

Kesepian bisa disebabkan karena seseorang diasingkan, tapi itu bukan faktor utama yang paling memengaruhi.

Kita bisa merasakan kesepian meskipun setiap hari dikelilingi oleh teman dan keluarga. Bila tidak terlalu akrab, tidak berinteraksi, atau tidak punya ikatan yang kuat dengan orang-orang tersebut, kita bisa tetap merasa kesepian.

Baca juga: Mengapa Inggris Mengangkat Menteri Urusan Kesepian?

2. Banyak orang lanjut usia yang kesepian

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.